Jumat, 20 Mei 2022, WIB

Selasa, 05 Apr 2022, 17:33:51 WIB, 174 View Rahmat Maryuni, Kategori : Kerjasama

 Anggota DPR RI Komisi X Dr H A Mujib Rohmat MH menyambut positif terkait dengan program Kelas Peduli Kuliah yang dilakukan oleh
Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang.

ITB Semarang menurutnya adalah kampus solutif karena memberi kesempatan bagi lulusan SMA/SMK/MA untuk kuliah sambil bekerja lewat jalur Kelas Peduli Kuliah. Sehingga saat lulus pun bisa langsung diterima bekerja.

”Jadi, bukan hanya berbasis capaian atau output. Namun juga outcome berupa hasil setelah mahasiswa lulus. Ini salah satu alasan juga mengapa saya mau bergabung dengan ITB Semarang,” jelasnya, Selasa (15/3/2022). Dia mengatakan hal itu saat menerima SK dan dilantik sebagai Dewan Pembina ITB Semarang.

Seperti diketahui, ITB Semarang membuka Kelas Peduli Kuliah untuk para lulusan SMA/SMK/MA. Dimana program ini memberi peluang bagi para lulusan SMA/SMK/MA dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi. Mereka, diberi kesempatan bekerja dengan perusahaan yang tergabung dalam PHRD yang telah bekerjasama dengan ITB Semarang. Selanjutnya saat mereka bekerja, maka mereka bisa menyisihkan sebagian penghasilannya untuk kuliah di ITB Semarang.

Menurutnya, alokasi dana pendidikan dari APBN minimal adalah 20 persen. Maka, diharapkan pemerintah konsen untuk memberikan alokasi tersebut untuk memajukan pendidikan di Tanah Air.

”Saya berharap agar ITB Semarang juga mampu memupuk dengan membekali jiwa entrepreneur mahasiwanya. Sehingga setelah lulus mahasiswanya selain mudah terserap di dunia kerja, juga bisa sebagai entrepreneur. Dan kampus ITB Semarang akan menjadi pelopor untuk menjadi kampus yang fokus dalam menaikkan tingkat pendidikan warga di daerah dan juga perekonomiannya. “Niat yang baik harus di kelola dengan baik,” kata Mujib Rohmat.

Dalam kesempatan ini ITB Semarang  melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan dengan membuka kampus 3 di Kendal. Kampus 3 di Kendal ini dinahkodai oleh Masduki SPdi.

Hadir juga Ketua yayasan Pendidikan Tri Mulia Utama Semarang Kusmanto SE MM, Rektor ITB Semarang Prof Dr Y Sutomo MM, Wakil Rektor I Drs Endro Pramono MM, Wakil Rektor II Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang, Dr Sudarman SE MM AK CA CPA, Wakil Rektor III Dr Heru Yulianto SE MM, dan Wakil Rektor IV Dr Jasman Indradno MSi

Kusmanto dalam sambutannya mengatakan, pendidikan adalah kunci untuk kemajuan bangsa. Pendidikan yang diterapkan ITB Semarang adalah tidak hanya akademis akan tetapi juga pembinaan karakter dan jiwa entrepreneur.

”Konsep yang dibangun ITB Semarang fokus ke pendidikan dan dunia kerja. Kampus 3 yang berada di Kendal adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kampus pusat.
Tanda tangan MoU kampus 3 hari ini sebagai Fasilitator ITB Semarang dalam melayani masyarakat sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. Sedangkan Dr H A Mujib Rohmat MH yang dilantik sebagai dewan pembina dengan tugas membantu dan membina Yayasan Pendidikan Tri Mulia Utama Semarang dalam pencapaian visi dan misi. Sedangkan Surat Keputusan ditetapkan 10 Maret 2022 dan berlaku selama 5 tahun,” jelasnya.

Rektor Prof Y Sutomo mengatakan, jika hari ini adalah hal yang luar biasa dimana Dr HA Mujib Rohmat dilantik menjadi Ketua Pembantu ITB Semarang. ”Dengan bergabungnya beliau menjadi pembina akan menjadi semangat baru untuk kami,” jelasnya.

”Sampai hari ini kampus ITB Semarang sudah ada di tiga lokasi. Dengan Kampus Pusat di jl. Jenderal Sudirman no 346 Kota Semarang, kampus 2 di Ungaran, dan kampus 3 di Kendal. Yang penting bagi kita adalah komitmen untuk membangun, menumbuhkan, mengembangkan dan merawat relevansi, atmosfer akademik, internal manajemen, sustainable, equity, dan leadership, serta image positif,” jelasnya.

Adapun MoU ditandatangani oleh Ketua Yayasan Pendidikan Tri Mulia Utama Semarang, pengelola kampus 3 ITB Semarang dan disaksikan oleh Rektor, para wakil rektor, dan Dr HA Mujib Rohmat sebagai pembina ITB Semarang dan juga para tamu undangan





Tuliskan Komentar