Minggu, 05 Februari 2023, WIB

Selasa, 10 Jan 2023, 10:27:10 WIB, 94 View Andre , Kategori : Kelembagaan

Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2023/2024. Pendafataran berlangsung sampai akhir September 2023.

Ada sejumlah jurusan yang ditawarkan mulai dari S1 Akuntansi, S1 Manajemen dan S1 Sistem dan Transformasi Teknologi, untuk kelas pagi dan sore, akhir pekan dan transfer alih.

Menurut Rektor ITB Semarang Prof Dr Y Sutomo MM, banyak keuntungan dengan berkuliah di ITB Semarang. Pasalnya, pihaknya bekerjasaam dengan Dunia Usaha dan Industri (DUDI) yang memperkuat proses pembelajaran di era Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). ”Juga adanya sejumlah mata kuliah soft skill penunjang kerja, training dan sertifikat pendamping ijazah, sehingga memudahkan saat mendaftar untuk bersaing di dunia kerja,” jelasnya Selasa (10/1/2023).

Menurutnya, juga didukung sejumlah dosen, akademisi dan praksitsi yang berpengalaman industri, conversation dan public speaking, fasilitas ruang ber-AC, wifi, dan ruang multimedia.

Bagi lulusan SMA, MA dan SMK yang kurang beruntung dari sisi ekonomi, bisa masuk lewat jalur Proram Peduli Kuliah (PPK). Program ini, selama ini mendapat antusias yang tinggi dari para lulusan sekolah menengah atas karena mereka bisa kuliah sambil bekerja, sehingga bisa membiayai dirinya sendiri.

Dalam program PPK ini, siswa mendapat pelatihan gratis di sejumlah perusahaan yang berkolaborasi dengan ITB Semarang dan mereka mendapat pelatihan sampai bisa, kemudian saat selesai pelatihan langsung penempatan kerja. ”Mereka juga mendapat pendampingan dari praktisi selama pelatihan dan kuliah. Sehingga mereka saat kuliah di ITB Semarang dengan biaya sendiri,” jelasnya.

Program Peduli Kuliah merupakan program dengan sasaran lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang memiliki prestasi akademik yang baik tetapi memiliki keterbatasan biaya untuk melanjutkan kuliah. Siswa akan dibantu mendapatkan pekerjaan sebelum kuliah shingga memiliki gaji untuk biaya kuliah dan kebutuhan sehari-hari. Jadi saat ini kuliah hanya masalah mau atau tidak mau bukan masalah biaya lagi.

Sedangkan program lain, yakni beasiswa lewat Program KIP-Kuliah. Bebas biaya pendaftaran seleksi mandiri, dan saat diterima biaya kuliah gratis selama kuliah dan bantuan biaya hidup selama kuliah.

Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. ITB Semarang mendukung penuh Program KIP-Kuliah agar pendidikan Sarjana (S1) dapat diraih oleh seluruh anak indonesia. she 





Tuliskan Komentar