Minggu, 05 Februari 2023, WIB

Jumat, 20 Jan 2023, 10:57:47 WIB, 47 View Andre , Kategori : Kelembagaan

Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang melakukan pengabdian masyarakat di Desa Cerme, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali, Kamis (19/1/2023).

Wakil Rektor III, ITB Semarang Drs Endro Pramono MM mengatakan, pengabdian masyarakat tersebut adalah bagian dari bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi. ”Kami terjun langsung ke masyarakat untuk membantu mereka dengan melihat kondisi potensi lokal yang ada,” jelasnya.

Mengusung tema “Pengembangan Pengelolaan UMKM Di Desa Cerme, Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali,” tim pengabdian masyarakat ITB Semarang membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di desa tersebut. Diantaranya adalah membantu pengembangan produk, marketing atau pemasaran, membantu meningkatkan keunggulan produk dan pengemasan produk.

Para pelaku UMKM di desa tersebut kebanyakan adalah pengrajin keripik ketela dan gula semut. ”Oleh karenanya, kami membantu mereka agar produk mereka lebih dikenal dalam pangsa pasar yang lebih luas. Produk keripik ketela dan gula semut agar lebih menarik konsumen, maka kemasannya selain aman dan tahan lama, juga harus dibuat semenarik mungkin,” jelasnya.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah pemasaran. Pasalnya, dengan pemasaran yang baik maka produk mereka akan laris dan bisa membentu meningkatkan perekonomian warga. Di era digital seperti saat ini, pemasaran juga harus mendapat sentuhan digitalisasi. Artinya, mereka juga diajari bagaimana menjual produk secara online. Begitu juga dengan penjualannya, bisa secara online.

Menurut Endro, selain itu juga menyangkut inovasi produk. Pasalnya, inovasi suatu produk  bisa meningkatkan nilai produk.  Inovasi sendiri bisa dalam bentuk tampilan, kemasan, rasa dan sebagainya.

Dalam kesempatan ini hadir juga Kepala Desa Cerme Supiah SM dan Camat Juwangi Hari, serta masyarakat khususnya pelaku UMKM. Dalam sambutannya, Supiah mengatakan sangat berterimakasih atas kehadiran Tim Pengabdian Masyarakat dari ITB Semarang yang telah membantu pelaku UMK di desanya untuk lebih berkembang dan maju.





Tuliskan Komentar