Jumat, 22 Oktober 2021, WIB

Kamis, 15 Jul 2021, 19:45:18 WIB, 178 View Rahmat Maryuni, Kategori : Kerjasama

Sebanyak tujuh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Jateng menggelar rapat kordinasi membahas Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Tujuh PTS tersebut adalah Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang, Universitas AKI Semarang, Universitas Boyolali, STIE Assoleh Pemalang, STIE Surakarta, STT Wiworotomo Purwokerto san STIMIK Bina Patria Magelang.

Rapat koordinasi ini diinisiasi oleh Wakil Rektor II ITB Semarang, Dr Sudarman SE MM AK CA CPA dan didukung oleh 7 pimpinan PTS se-Jawa Tengah.

Rapat Koordinasi 7 PTS se-Jawa Tengah ini dilatarbelakangi dalam rangka meningkatkan kemampuan bersama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama dalam bidang pendidikan melalui kegiatan-kegiatan dalam Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

‘’Rapat yang dilakukan secara virtual tersebut dihadiri oleh seluruh pimpinan yang tergabung dalam 7 PTS Sejawa Tengah diantara lain ITB Semarang, Universitas AKI, Universitas Boyolali, STIE Assoleh Pemalang, STIE Surakarta, STT Wiworotomo Purwokerto, dan STIMIK Bina Patria Magelang,’’ jelas Dr Sudarman, Kamis (15/7/2021).

Hadir dalam rapat virtual ini adalah Rektor ITB Semarang Prof. Dr. Y.Sutomo,M.M Beserta Warek 1, 2 dan kaprodi serta sekprodi. Juga Rektor Universitas AKI Dr Tri Purwani SE MM beserta Warek 1, 2, kaprodi serta sekprodi.

Ada juga Rektor Universitas Boyolali, Dr Muhammad Irnawan Darori SH MM, beserta Warek 1, 2 dan kaprodi serta sekprodi. Ketua STIE Assoleh Pemalang,  H Noor Rosyadi SE MM beserta Puket 1, 2, 3 dan kaprodi serta sekprodi.

Dari  STIE Surakarta dihadiri oleh Pembantu Ketua I Bidang Akademik Heny Kurnianingsih SE MSi.

Ketua STT Wiworotomo Purwokerto, Tris Sugiarto SPd ST MT beserta Puket 1,2,3  dan kaprodi serta sekprodi. Juga Ketua STIMIK Bina Patria Magelang, Dr Sukris Sutiyatno MM MHum beserta Puket 1,2,3  dan kaprodi serta sekprodi.

Adapun inti dari pertemuan tujuh PTS ini menurutnya, adalah diharapkan mahasiswa mampu untuk menjalankan program yang tertuang dalam kerjasama tersebut.

‘’Salah satunya adalah pertukaran mahasiswa dengan belajar di luar program studi dan di luar kampus. Harapan dari seluruh pihak, kerjasama ini segera untuk dapat direalisasikan dan segera membuat kesepakatan bersama atau MoU antar PTS serta ditandatangani dipertemuan selanjutnya,’’ paparnya.

Selain itu seluruh pimpinan dari tujuh PTS tersebut sepakat untuk menjalin kerjasama dalam rangka melaksanakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) diantaranya adalah pertukaran mahasiswa, kerjasama bidang penelitian, bidang pengabdian kepada masyarakat, penulisan jurnal ilmiah baik dalam maupun luar negeri serta penyusunan kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE)

Sementara itu, Rektor ITB Semarang Prof Dr Y Sutomo MM, mengapresisi gagasan Warek II ITB Semarang untuk menyelenggarakan MoU 7 PTS se-Jawa Tengah serta mendukung pentinganya kerjasama antar PTS dalam rangka pelaksanaan merdeka belajar kampus merdeka.

‘’Diharapkan kerjasama ini akan memberikan manfaat bagi civitas akademika yang tergabung dalam kelompok 7 PTS se-Jawa Tengah ini. Kerjasama ini juga diharapkan untuk mendorong para dosen untuk saling berkerjasama dalam penulisan jurnal ilmiah baik dalam negeri maupun luar negeri, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang akhirnya akan meningkatkan rangking PT,’’ jelasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas AKI Dr Tri Purwani SE MM, juga mengatakan hal yang sama dengan  yang disampaikan oleh Rektor ITB. Dr Tri Purwani mengapresiasi atas inisiasi yang dilakukan oleh Warek II ITB Semarang dan sepakat untuk pelaksanaan kerjasama guna meningkatkan kinerja dosen dan mahasiswa yang pada akhirnya akan meningkatkan rangking PT.

Selain itu seluruh pimpinan 7 PT tersebut sepakat untuk menjalin kerjasama dalam rangka melaksanakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) diantaranya adalah pertukaran mahasiswa, kerjasama bidang penelitian, bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Penulisan Jurnal Ilmiah baik dalam maupun luar negeri serta penyusunan kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE)





Tuliskan Komentar