Penerapan Aplikasi Penjualan Berbasis Website untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik Lokal Madura
Abstract
Sebagai salah satu contoh UMKM lokal yang terus berkembang adalah Batik Khas Madura bernama Sentra Batik Tulis Madura “Indo Busana” milik Bapak Abdul Hamid, berlokasi di Dusun Prajjan Dhejeh, Desa Prajjan, Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang Jawa Timur namun dikarenakan pandemi Covid-19, pesanan dari konsumen luar menurun dikarenakan berkurangnya jumlah kunjungan. Sehingga solusi yang tepat adalah menggunakan media website jual beli untuk memasarkan produknya lebih luas lagi, kemudian dapat mengelola produknya .Sasaran pengabdian adalah UMKM, untuk membantu dalam pemasaran, pengelolaan dan penjualan produk mitra kami dalam hal ini Batik Lokal Madura, Untuk memecahkan masalah digunakan tiga tahapan, persiapan, pelaksanan, dan evaluasi. Hasil yang diharapkan dari pengabdian adalah mitra mampu mandiri dalam mengoperasionalkan website jual-beli dan media sosial lain sehingga produk yang dijual menjadi lebih dapat diketahui oleh masyarakat terutama dari daerah luar, sehingga juga mampu untuk memasarkan produk lokal yakni Batik Madura, sehingga berdampak juga pada peningkatan omset mitra.