Storytelling pada Multimedia Pemasaran Digital UMKM Gula Aren Desa Margosari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal
Abstract
Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) terhadap UMKM Gula Aren di Desa Margosari Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah bertujuan untuk membantu pemasaran digital para pengrajin gula aren. Metode yang digunakan dalam kegiatan PkM ini adalah penyuluhan interaktif. Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi dua sesi penyampaian materi dan tanya jawab dan dilanjutkan evaluasi sebagai ukuran pemahaman peserta penyuluhan. Pemasaran sebelum kegiatan PkM dilakukan secara tradisional dan harga jual tidak stabil sesuai penawaran konsumen. Pada saat kegiatan PkM disampaikan perlunya pemasaran digital untuk menyesuaikan lingkungan teknologi saat ini. Metode storytelling dengan pemanfaatan multimedia digital memiliki pengaruh positif pada strategi pemasaran digital. Storytelling berperan sebagai media komunikasi yang mampu menciptakan rasa loyalitas pelanggan dari sebuah produk maupun merek. Keunggulan produk akan mudah dipahami konsumen melalui storytelling yang unik dan menarik. UMKM Gula Aren di Desa Margosari terdiri dari Ibu rumah tangga yang perlu berkolaborasi dengan generasi milenial dari komunitas karangtaruna untuk membatu pelaksanaan pemasaran digital. Hasil kegiatan PkM ini memberikan harapan bagi pengrajin gula aren Desa Margosari untuk memasarkan produknya dengan nilai jual yang sesuai dengan keunggulan kualitasnya. Antusias peserta ditunjukkan dengan akan segera dibentuknya tim pemasaran digital, terciptanya slogan, dan kesepakatan bentuk khas produk gula aren beserta kemasannya.
References
Alicia, A., & Laulita, N. B. (2022). Pembuatan Produk Multimedia dan Strategi Promosi Melalui Media Digital pada Warung Miso Medan. 2(1), 146–150.
Joubert, M., Davis, L., & Metcalfe, J. (2019). Storytelling: The Soul of Science Communication. 18(05), 1–5.
Rasuli, L., Panigoro, N., Gumohung, M. R., & Meiza, K. (2021). Peningkatan Daya Jual UMKM Melalui Pemasaran Digital di Desa Botubarani.
Robin, B. R. (2016). The Power of Digital Storytelling to Support Teaching and Learning. Digital Education Review, 30, 17–29.
Satriya, C. Y., Indrayani, H., Ilmu, F., Universitas, K., & Nuswantoro, D. (2022). Meningkatkan Partisipasi Konsumen Melalui Konten Digital Storytelling. 5(2), 428–434.
Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47, https://doi.org/10.31603/ce.4244.
Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. The International Journal of Management Science and Business Administration, 1(5), 69–80, https://doi.org/10.18775/ijmsba.1849-5664-5419.2014.15.1006.
Yulda, Y., & Widiaty, I. (2021). Multimedia Technology Implementation to Promote Digital Learning. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1098(2), 022117. https://doi.org/10.1088/1757-899x/1098/2/022117.