Pelatihan Percakapan Sehari-Hari Bahasa Jepang (Kaiwa) pada Siswa Kelas XII di SMA Negeri 1 Penebel
Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan percakapan Bahasa Jepang sehari-hari pada siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Penebel. Target luaran yang ingin dicapai adalah (1) mengidentifikasi kosa-kata Bahasa Jepang yang digunakan pada percakapan sehari-hari (kaiwa), (2) melafalkan percakapan Bahasa Jepang sehari-hari (kaiwa) oleh siswa kelas XII. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini pre-test dan post-test design. Peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah sebanyak 105 siswa kelas XII. Kegiatan ini dilakukan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan evaluasi Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa hasil rata-rata pre-test siswa adalah 49,7 dan hasil rata-rata post-test siswa adalah 71,4. Persepsi siswa tentang tujuan kegiatan pelatihan adalah sebanyak 58,5% siswa menyatakan baik dan 25,6% menyatakan sangat baik. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat menarik minat siswa untuk belajar Bahasa Jepang agar mampu berkomunikasi secara internasional.
References
Adi, P. N., Oktaga, A. T., & Nurdianto, K. (2022). Pelatihan Penyusunan Buku Ajar Bahasa Inggris Berformat e- Pub. Abdimas, 1(2), 5–15.
Muhfiyanti, S. A. (2018). Persepsi Siswa terhadap Materi Pembelajaran Bahasa Inggris Peminatan pada Siswa SMAN 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 1, 522-527.
Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 306–319, https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba.
Nurseptiani, S., & Oesman, A. M. (2022). Persepsi Siswa terhadap Media Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Video Youtube. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(3), 277-285. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBJ/article/view/51406.
Rini, E.I.HA Nindia, & Rahma, Y. (2021). Pelatihan Percakapan Bahasa Jepang Dasar untuk Pelajar SMA. Harmoni, 5(3), 182-187.
Rosiah, R., Elensyah, A., & Machawan, R. (2022). Pelatihan Percakapan Bahasa Jepang Melalui Media Video dalam Pembelajaran Daring di SMK Kesehatan Sadewa Menggunakan Google Meet (GM). 5(1), 1–10.
Subandi. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Bahasa Jepang Melalui Pendekatan. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 1(1), 92-108.
Taringan, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Primary : Jurnal Guru Pendidikan Dasar, 5 (November), 102–112. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/3898
Ulfa, S. M. (2023). Pelatihan English Conversation bagi Guru dan Siswa. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 3(2), 171-180.