Pelatihan Digital Marketing dan Manajemen Keuangan pada UMKM Gardenia Art Indonesia

  • Yusuf Hendrawanto Politeknik Negeri Semarang
  • Aditya Rizqi Senoaji Politeknik Negeri Semarang
  • Andriyan Eka Sapta Politeknik Negeri Semarang
  • Bagas Putra Pradana Politeknik Negeri Semarang
Keywords: UMKM, Manajemen Keuangan, Digital Marketing

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam pertumbuhan pembangunan dan ekonomi. Salah satu UMKM yang sedang berkembang adalah Gardenia Art Indonesia yang bergerak di bidang kerajinan, yaitu pot hias. Permasalahan yang ditemukan pada UMKM Gardenia Art Indonesia adalah minimnya pengetahuan dan pemahaman pemilik dan pengelola UMKM tentang akuntansi, khususnya pencatatan dan pembukuan hingga penyusunan laporan keuangan serta belum maksimalnya pemasaran produk yang dilakukan oleh Gardenia Art Indonesia. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terdiri dari lima tahap, yaitu (1) analisis kebutuhan; (2) penyusunan materi pelatihan; (3) sosialisasi; (4) pelatihan manajemen keuangan; (5) pelatihan digital marketing; dan (6) evaluasi. Kegiatan pelatihan digital marketing dan manajemen keuangan pada UMKM Gardenia Art Indonesia menghasilkan Ms. Excel yang sudah di-costumize yang bisa digunakan oleh pemilik dan pengelola UMKM Gardenia Art Indonesia untuk mencatat keuangan, membuat pembukuan, laporan keuangan sederhana dan akun YouTube yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk pot hias UMKM Gardenia Art Indonesia serta juga akun Tokopedia dan Shopee untuk menambah jangkauan konsumen. Selama dua bulan setelah dilaksanakannya pelatihan, pemilik dan pengelola UMKM Gardenia Art Indonesia berhasil membuat pencatatan keuangan, pembukuan, dan laporan keuangan yang baik. Selain itu, terjadi peningkatan pembelian produk pot hias, khususnya melalui Tokopedia dan Shopee.

References

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175.
Hidayat, E. (November 21, 2016). Kontribusi Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20161121122525-92-174080/kontribusi-umkm-terhadap-pdb-tembus-lebih-dari-60-persen
Lantu, D. C., Triady, M. S., Utami, A. F., & Ghazali, A. (2016). Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia: Validasi Kuantitatif Model. The Asian Journal of Technology Management, 15(1), 77. http://dx.doi.org/10.12695/jmt.2016.15.1.6.
Muljanto, M. A. (2020). Pencatatan dan Pembukuan via Aplikasi Akuntansi UMKM di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(1), 40–43. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i1.6926.
Suyadi, Syahdanur, & Suryani, S. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Bengkalis Riau. Jurnal Ekonomi, 29(1), 1–10.
Undari, W., & Lubis, A.S. (2021). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 32–38. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.702.
UU No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). https://kukm.babelprov.go.id/sites/default/files/dokumen/produk_hukum/UU%20Nomor%2020%20Tahun%202008%20%28UU%20Nomor%2020%20Tahun%202008%29.pdf.
Published
2023-08-10
How to Cite
Yusuf Hendrawanto, Aditya Rizqi Senoaji, Andriyan Eka Sapta, & Bagas Putra Pradana. (2023). Pelatihan Digital Marketing dan Manajemen Keuangan pada UMKM Gardenia Art Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 59-64. https://doi.org/10.54066/abdimas.v2i2.304