Olahan Makanan Kicimpring menjadi Makanan Khas untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Kiarapedes
Abstract
Desa Kiarapedes merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta. Dimana desa ini merupakan salah satu desa yang sebagian besar penduduknya memiliki profesi dalam bidang pertanian dan perkebunan. Selain itu Desa Kiarapedas salah satu desa yang lebih menekankan masyarakatnya pada sektor pertanian, terutama pada sektor pertanian yang menjadi sumber pendapatan pertama di masyarakat tersebut. kemudian daripada itu pula tidak luput banyak sektor-sektor yang lain, seperti jasa, UMKM, dan lain-lain seperti misalnya hasil bumi singkong yang kemudian daripada itu, di Desa Kiarapedes terdapat sebuah pengolahan makanan khas yang disebut dengan kicimpring yang menjadi makanan khas tradisional dari Desa Kirapedes, yang di mana merupakan hasil daripada olahan singkong dan dari pertanian dan perkebunan masyarakat setempat. Hal ini menjadi bahan nilai ekonomis penghasilan masyarakat setempat, demikian yang semakin terus berkelanjutan daripada bisnis makanan tradisional ini. Kemudian Kicimpring menjadi salah satu makanan khas dari Desa Kiarapedes. Olahan kicimpring menjadi salah satu peralihan profesi masyarakat di dalam mengelola hasil taninya maka daripada itu mahasiswa KKN STAI Riyadhul Jannah menjadikan salah satu bahan kajian kegiatan program KKN, dengan mengembangkan cara hidup masyarakat Kiarapedes yang semakin ekonomis dan kreatif, di dalam upaya menjadikan sebagai bentuk peningkatan ekonomi di masyarakat tersebut menjadi salah satu nilai jual pasar eonomi khususnya di Kabupaten Purwakarta, dengan diadakannya tersebut menjadi daya upaya untuk meningkatkan ekonomi di Desa Kiarapedes yang kemudian sampai sekarang bisa dikenal oleh khalayak banyak.
References
Iis Zilfah, A. I. (2021). Pengembangan Penerapan Marketing Digital untuk Potensi Lokal UMKM di Kampung Cibadak. 39.
Mubarok, M. S. (2022). Pengembangan Produk Kicimpring UMKM Homemade Milik Kelompok Wanita Tani KWT Kampung Lengkong. 169.
Ratna Maulida Rahmawati, K. H. (2014). Pengaruh Kepercayaan terhadap Minat Jual Beli melalui Persepsi Risiko pada Transaksi Jual Beli Online melalui Media Sosial.215.