Pentingnya Etika Bagi Generasi Z dalam Bersosial Media di SMK Telekomunikasi Adi Karya Dukuhwaru Kabupaten Tegal

  • Arif Nursetyo Universitas Bhamada Slawi
  • Sri Hartati Universitas Bhamada Slawi
  • Natasya Wahyu Ningsih Universitas Bhamada Slawi
Keywords: Ethics, Generation Z, Social media

Abstract

Generasi Z atau lebih sering kita menyebutnya Gen Z merupakan generasi  yang lahir pada tahun 1995 sampai dengan 2015.  Gen Z ini merupakan suatu generasi yang tidak mengerti tentang mengenal dunia yang lebih terasing dengan keberadaan orang lain, karena mereka lahir ketika dunia sudah ada internet dengan baik. Karakteristik dan ciri dari generasi Z yaitu tidak pernah lepas dari Smartphone dan internet, kompetitif dan pragmatis. Generasi ini selalu berpikir dengan baik selalu mencermati untung ruginya dalam melakuka segala hal. Generasi Z merupakan generasi harus melakukan sesuatu agar diakui dengan lebih banyak lagi dalam memainkan peran, terutama terhadap sosial media dan media digital.Semua pekerjaan dapat dilakukan dari dalam ruangan, tidak perlu bersusah payah. Karena Gen Z merupakan generasi yang dinamis dalam menggunakan teknologi, maka Gen Z  harus bijak dalam menggunakan sosial media. Dalam bersosial media, etika sangat diperlukan agar tidakmenyesal dimedian hari. Beberapa etika yang dapat dilakukan dalam menggunakan media sosial, yaitu pilah-pilih pesan, tetap kritis dan berpikir dalam menanggapi maupun menyampaikan pesan, selalu menyebutkan sumbernya, memperhatikan gaya bahasa, dan memperjelas nama maupun gambar akunnya. Salah satu dokumen yang tidak boleh untuk dishare di medsos adalah KTP.

References

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443

Kurniawan, T., & Woro Damayanti, T. (2019). Perbedaan Persepsi Generasi X & Y Atas E-Filing. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 6(01), 112–125. https://doi.org/10.35838/jrap.2019.006.01.11

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. FISPOL-Unsrat, 2(1), 1–13.

Maydianto, & Ridho, M. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale Dengan Framework Codeigniter Pada Cv Powershop. Jurnal Comasie, 02, 50–59.

Sari, A. F. (2020). Etika Komunikasi. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 127–135. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.152

Setiadi, A., Yunita, Y., & Ningsih, A. R. (2018). Penerapan Metode Simple Additive Weighting(SAW) Untuk Pemilihan Siswa Terbaik. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(2), 104–109. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i2.572

Published
2024-02-26
How to Cite
Arif Nursetyo, Sri Hartati, & Natasya Wahyu Ningsih. (2024). Pentingnya Etika Bagi Generasi Z dalam Bersosial Media di SMK Telekomunikasi Adi Karya Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 8-14. https://doi.org/10.54066/abdimas.v3i1.360