Sosialisasi Pemanfaatan Ruang Terbuka Untuk Taman Gembira Anak Di Kelurahan Serua Kota Tangerang Selatan
Abstract
Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mempromosikan pemanfaatan ruang terbuka sebagai taman gembira anak di Kelurahan Serua. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat dan pemerintah setempat untuk menyadari pentingnya memiliki ruang terbuka yang layak dan aman untuk bermain anak-anak. Metode pelaksanaan pengabdian ini melibatkan kegiatan workshop dan diskusi dengan masyarakat dan petugas pemerintah. Dalam workshop tersebut, anak-anak ikut serta untuk memberikan aspirasi dan harapan mereka terkait dengan taman gembira anak yang ideal. Masyarakat juga diajak untuk merancang konsep taman gembira anak yang sesuai dengan kebutuhan lokal dan keamanannya. Hasil dari pengabdian ini adalah adanya peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya ruang terbuka bagi anak-anak. Masyarakat juga berhasil mengidentifikasi potensi lahan yang dapat dijadikan taman gembira anak di Kelurahan Serua. Selain itu, terbentuknya komitmen dari pemerintah setempat untuk melanjutkan implementasi taman gembira anak sesuai dengan hasil diskusi bersama masyarakat. Keberlanjutan dari pengabdian ini adalah melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan taman gembira anak yang telah direncanakan. Diharapkan pemerintah akan menggunakan rancangan konsep yang disusun oleh masyarakat dan melibatkan mereka dalam pembangunan taman tersebut.
References
Abdurrahman, Z. (2020). Teori Maqasid Al-Syatibi Dan Kaitannya Dengan Kebutuhan Dasar Manusia Menurut Abraham Maslow. Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, 22(1). https://doi.org/10.24252/jumdpi.v22i1.15534
Al Qorni, R. W., Ledyawati, L., Agustina, B., Wijayanti, A., & Indarti, S. (2021). Pentingnya Pengenalan Edukasi Kesehatan Lingkungan Pada Ibu Dan Anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 1(1), 159–166. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v1i1.2520
Asmoro, B. T., Susanti, F. D., Anam, S., & Maulidia, A. (2020). Pemberdayaan Pokdarwis dalam Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pasaban Sekartaji Desa Sengguruh Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i2.310
Aufa, N., Mentayani, I., Wastuty, P. W., Andini, D. N., & Fawzia, I. (2022). Peningkatan Fungsi RTH menjadi Ruang Bermain Ramah Anak di Kelurahan Cempaka Kota Banjarbaru. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 1(3), Article 3. https://doi.org/10.20527/ilung.v1i3.4090
Gandasari, I., Hotimah, O., & Miarsyah, M. (2020). Pemanfaatan Ruang Terbuka Kampus Sebagai Potensi Menjaga Lingkungan. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.21009/JGG.092.04
Hasibuan, M. S. R., Syahadat, R. M., & Sidabutar, L. (2020). Perencanaan dan Perancangan Lanskap Taman Maju Bersama Haji Saibun di Kelurahan Jati Padang, Jakarta Selatan. Jurnal Infrastruktur, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.35814/infrastruktur.v6i1.1241
Hatimah, I. (2016). Keterlibatan Keluarga Dalam Kegiatan Di Sekolah Dalam Perspektif Kemitraan. Pedagogia, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v14i2.3878
Heriani, H., Prastati, T., Purnama, R., Silawati, T., Madya, F., & Mah, A. N. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Dengan Penerapan Teknologi Tepat Guna Di Area Bermain Balita Lingkungan Rw 014 Kelurahan Serua, Ciputat. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1A), Article 1A. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1A.2968
Imriyanti -, Ishak, R. A., Wikantari, R., & Amri, N. (2018). Implementasi Perencanaan Ruang Bermain Anak yang Kreatif dan Edukatif di Kelurahan Cambaya Kota Makassar. Jurnal Tepat : Teknologi Terapan Untuk Pengabdian Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v1i2.47
Krisnawati, E. (2017). Terciptanya Ruang Terbuka Hijau Kota Di Surakarta Terkait Surakarta Sebagai Kota Layak Anak.
Marwan, M. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan Kastela Kota Ternate Dalam Memanfaatkan Lahan Tidur. Abdi Masyarakat, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.58258/abdi.v4i2.4065
Nurianti, R., Mardhalena, A., & Rahim, A. (2021). Sinergitas Stakeholders Dalam Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (Rth) Hotel Di Kota Pontianak. PublikA Jurnal Ilmu Administrasi Negara (e-Journal), 10(2), Article 2. https://doi.org/10.26418/publika.v10i2.2834
Oktaviani, U. R., & Dharin, A. (2022). Keterlibatan Mahasiswa dalam Pengabdian Masyarakat Melalui Sosialisasi Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Terhadap Covid-19 di Desa Somagede, Banyumas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.409
Putra, W. (2021). Mutu Pendidikan dalam Penguatan Kreativitas Anak Prasekolah. Ta’dib, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.54604/tdb.v11i2.43
Ramadhani, S. P., & Nurwati, N. (2021). Pentingnya Meningkatkan Kesadaran Orang Tua Agar Tidak Melakukan Tindak Kekerasan Terhadap Anak. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24198/focus.v4i2.33729
Rivai, R. S., & Anugrah, I. S. (2016). Konsep dan Implementasi Pembangunan Pertanian Berkelanjutan di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 29(1), 13. https://doi.org/10.21082/fae.v29n1.2011.13-25
Sari, V. komala, & Jamila, J. (2023). Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia Desa Batakorogan Kokop Bangkalan sebagai Model Pengabdian. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.54082/jamsi.708
Sari, S. O., Kunyati, S. A., & Octaviani, I. (2021). Penataan Taman Bermain Anak di Kawasan Sempadan Sungai Cikapundung RW 06 Kelurahan Balong Gede Bandung. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v3i1.1727
Shofiyati, A., & Subiyantoro, S. (2022). Pengembangan Pendidikan Karakter di Pesantren untuk Menghadapi Klitih: Tinjauan Teori Belajar Sosial. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 105. https://doi.org/10.30659/jspi.5.2.105-116
Sri Yulia Sari, Aris Dwi Nugroho, & Meira Dwi Indah Purnama. (2022). Implementasi Teori Belajar Humanistik Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v1i1.7
Sukirman, D. (2018). Profil kemandirian belajar mahasiswa bimbingan dan konseling. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i2.19748
Utami, P. K., Mugnisjah, W. Q., & Munandar, A. (2016). Partisipasi Masyarakat Kota Berbasis Manfaat Dalam Membentuk Taman Publik Ramah Anak. 8.
Wardani, S., Widodo, A. S., Dhiani, H. P., Mutmainnah, M., & Utomo, N. A. (2021). Menumbuhkan Wirausaha Kecil Menengah Yang Tangguh Di Pondok Pesantren Al Hanif, Kel. Serua, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.32493/ABMAS.v2i1.p79-89.y2021
Wulanningrum, S. D., & Sabtalistia, Y. A. (2020). Redesain Taman Perum P&K Kemanggisan , Jakarta Barat. Pawon: Jurnal Arsitektur, 4(02), Article 02. https://doi.org/10.36040/pawon.v4i02.2807
Zwagery, R. V., Nurrachmah, D., Carine, M., & Tasya, M. (2022). Program Parenting “Peran Orangtua Dalam Tumbuh Kembang Anak” Di Paud Islam Terpadu Ukhuwah. Monsu’ani Tano Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.32529/tano.v5i1.1339