Optimalisasi Pemasaran Produk Jamur Krispi dalam Pengembangan UMKM di Desa Branjang Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk optimalisasi pemasaran terhadap produktivitas Kinerja UMKM Usaha jamur crispy di Desa Brangjan Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Peningkatan akses pasar melalui platform e-commerce, strategi pemasaran efektif, dan kerjasama dengan distributor merupakan strategi penting bagi UMKM dalam memperluas jangkauan produk dan meningkatkan penjualan. Selain itu, UMKM juga perlu menerapkan strategi pemasaran yang efektif, seperti penggunaan media sosial, promosi produk yang kreatif, dan pemilihan segmen pasar yang tepat.
References
Eviyanti, A. (2021). Upaya Peningkatan Ketrampilan Pengolahan Pisang Kelompok Tani Wonotirto di Desa Cerme Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali. Jurnal PengabdianNasional (JPN) Indonesia, 2(2), 73-78.
Hadziq, M., & Nafis, M. (2017). Implikasi Pendampingan Mitra Usaha Kecil Menengah (Studi Pendekatan Melalui Pelatihan Laporan Keuangan Sederhana). Jurnal Middle East and Islamic Studies, 396-409.
Harventy, G., Zubaidah, S., & Kholmi, M. (2020). Pendampingan Penyusunan Pelaporan Keuangan pada Kelompok Usaha Kecil dan Menengah Brosem Semeru. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 60-74.
Kasali, R., Nasution, A. H., R.Purnomo, B., Ciptarahayu, A., Larso, D., Mirzanti, I. R. (2012). Modul Kewirausahaan untuk Program Strata 1. In Modul Kewirausahaan untuk Program Strata 1. Jakarta Selatan: Penerbit Hikmah (PT Mizan Publika).
Layyinaturrobaniyah, & Muizu, W. O. (2017). Pendampingan Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro di Desa Purwadadi Barat dan Pasirbungur Kabupaten Subang. Pekbis Jurnal, 91-103.
Mardiasmo. (2018). Perpajakan Edisi Terbaru 2018. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Marka, M. M., Aziz, N., & Alifiana, M. A. (2018). Pengembangan UMKM Madumongso melalui Manajemen Usaha dan Legalitas Usaha. ABDIMAS LP2M Universitas Negeri Semarang as the Application of Science Communication Technology, Sports, Culture, and Arts in Empowering the Community.
Murdani, S. W. (2019). Pengembangan Ekonomi Masyarakat melalui Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi di Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang).
Nugroho, L., Hidayah, N., Ali, A., & Badawi, A. (2020). E-Commerce to Improve Homemaker Productivity (Women Entrepreneur Empowerment at Meruya Utara, Kembangan District, West Jakarta, Indonesia). Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(1), 13-24. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i01.166.OJK. (2017). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UsahaMikro, Kecil, dan Menengah. Dari www.ojk.go.id.
Sari, N. M., Suwarsinah, H. K., & M.Baga, L. (2016). Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Gula Aren di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Penyuluhan.
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Cano Ekonomos, 6(1), 51-58.Sutarno. (2012). Serba-Serbi Manajemen Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tanan, C. I., & Kocu, E. A. (2018). Analisis Modal Kredit Usaha Rakyat terhadap Pendapatan Pelaku UMK di Distrik Arso Kabupaten Keerom (Studi Kasus Bank BRI KCP, Arso II). Jurnal Fessospol USTJ Jayapura, 14-24.
Tanan, C., & Duri, J. (2018). Analisis Rasio untuk Pengukuran Kinerja Keuangan dan Evaluasi Kinerja Keuangan Pemerintah (Studi Kasus Pemerintah Kota Jayapura). FUTURE:Jurnal Manajemen dan Akuntansi UNIYAP, 91-101.
Wardoyo, P., Rusdianti, E., & Purwantini, S. (2015). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Strategi Usaha dan Kinerja Bisnis UMKMdi Desa Ujung-Ujung, Kec. Pabelan, Kab. Semarang. Journal Proceeding