Rancangan Logo Produk Gula Aren Sebagai Pengakuan dan Alat Pemasaran di Desa Margosari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal

  • Marsiska Ariesta Putri Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Ika Susanti Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Aji Priyambodo Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Kristiawan Nurdianto Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Martinus Apun Heses Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
Keywords: Alat Pemasaran, Gula Aren, Pengakuan, Rancangan Logo Produk, UMKM

Abstract

Tujuan pelaksanaan Pengabdian ini adalah untuk membantu UMKM gula aren di  Desa Margosari agar memiliki lambang atau logo dalam meningkatkan identitas merek dengan sebuah pelatihan. Dengan demikian, logo UMKM ini akan memungkinkan masyarakat untuk mengenal produk mereka dengan lebih baik, dan baik dalam pemasaran tradisional maupun dalam pemasaran digital. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Gula Aren dilaksanakan di kediaman tokoh pengrajin gula aren. Cara yang digunakan pada program PkM ini dengan penyuluhan interaktif dimulai dengan penyampaian materi menyesuaikan kemampuan pemahaman peserta dan dilanjutkan dengan materi tanya jawab mengenai strategi pemasaran digital. Evaluasi dilakukan sebagai tahap akhir pengadian untuk memperoleh pemahaman tentang sejauh mana peserta mampu memahami materi yang disampaikan, baik itu materi paparan maupun materi tanyajawab. Lalu dilanjut dengan pelatihan pembuatan logo. Pelatihan sering dianggap sebagai aktivitas yang paling umum dan para pimpinan mendukung adanya pelatihan karena melalui pelatihan, para pekerja akan menjadi lebih trampil dan karenanya akan lebih produktif. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang baik dari pelaku pelaku UMKM gula aren Desa Margosari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Dengan mengikuti kegiatan tersebut pelaku UMKM gula aren Desa Margosari  mendapatkan pengetahuan tambahan tentang penggunakan logo untuk pemasaran. Pelaku UMKM menilai bahwa kegiatan ini sangat  bermanfaat dan harapannya dapat berkesinambungan agar dalam menjalankan usaha lebih tertata dan terstruktur. Perkembangan usaha lebih meningkat serta  berdampak pada pendapatan laba yang meningkat.

References

Arum, D. P., Nurhaliza, S., Putri, B. N. A., Pramesthi, F. A., Hayati, D. H., Negara, M. H. P., & Harby, M. F. (2023). Pengembangan Produk Branding Sebagai Penguatan Dalam Pemasaran Rumah Produksi Jamur Pada Paimo Farm. JIPM:Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 134–146. https://doi.org/https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v1i2.289
Aziz, M. N. A., Ahmad, A. K. A., Ramlie, M. K., Fuad, I. N. F. M., & Rahaman, A. A. (2023). Exploring the Five-I Logo Process: A Case Study of IFIX Brand. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 13(5), 2545–2555. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v13-i5/17146
Blake, A., Nazarian, M., & Castel, A. (2015). The Apple Of The Mind’S Eye: Everyday Attention, Metamemory, And Reconstructive Memory For The Apple Logo. Q J Exp Psychol (Hove), 68(5), 858–865. https://doi.org/10.1080/17470218.2014.1002798
Djumarno, Jubaedah, Hudaya, A., & Ikhsani, K. (2023). Membangun Loyalitas Melalui Realisasi Pembelian Analisis Ekuitas Merek dan Kualitas Pelayanan. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5(4), 1386–1392. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i4.715
Lee, Y., & Han, J. (2023). Logo Renewal Design According To Strategy For Renewal Based On Brand Life Cycle Focused On Cases For Brands In Food And Beverages.
Mohamed, K., & Adiloglu, F. (2023). Analyzing the Role of Gestalt Elements and Design Principles in Logo and Branding. International Journal of Communication and Media Science, 10(2), 33–43. https://doi.org/10.14445/2349641x/ijcms-v10i2p104
Rodrigues, J. E. C. (2018). Priming Effects On Brand Logo Recognition And Naming. Universidade do Minho.
Tawakal, M. I. (2020). Perancangan Identitas Visual Dan Kemasan Bandrek Abah Ciwidey Bandung Designing of Visual Identity and Packaging Bandrek Abah of Bandung Ciwidey. E-Proceeding of Art & Design, 07(02), 1575–1585.
van Grinsven, B., & Das, E. (2016). Logo Design In Marketing Communications: Brand Logo Complexity Moderates Exposure Effects On Brand Recognition And Brand Attitude. Journal of Marketing Communications, 22(1), 256–270.
Wijakusuma, I. M., Dewi, A. K., & Bayuartha, I. G. (2023). Perancangan Brand Identity Aban Kitchen Steak & Grill Di Badroom Studio. AMARASI: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(2), 219–232.
Published
2024-02-26
How to Cite
Marsiska Ariesta Putri, Ika Susanti, Aji Priyambodo, Kristiawan Nurdianto, & Martinus Apun Heses. (2024). Rancangan Logo Produk Gula Aren Sebagai Pengakuan dan Alat Pemasaran di Desa Margosari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 51 - 55. https://doi.org/10.54066/abdimas.v3i1.367