Analisis Dampak Perdagangan Internasional dalam Meningkatkan Ekspor Kopi di Aceh Kabupaten Takengon

  • Sri Rahayu Faculty of Economic and Islamic Business State Islamic University of North Sumatera
  • Tiara Fadillah Faculty of Economic and Islamic Business State Islamic University of North Sumatera
  • Sri Maharani Faculty of Economic and Islamic Business State Islamic University of North Sumatera
Keywords: International Trade, Exports, Economic Growth, Perdagangan Internasional, Ekspor, Pertumbuhan Ekonomi

Abstract

Aceh merupakan daerah pemasok kopi bagi perusahaan kopi dunia, karena variannya merupakan varian kopi terbaik di dunia. Aceh tengah memiliki komoditi unggulan yang berada di daerah Takengon, yang berupa kopi Arabica Gayo. Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perdagangan internasional pada ekspor kopi terhadap pertumbuhan ekonomi di Aceh Kabupaten Takengon. Jenis Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode penelitian jenis kualitatif deskriptif yaitu suatu metode yang bertujuan memberikan gambaran tentang suatu keadaan secara objektif yang menggunakan angka, dari pengumpulan data dan penafsiran terhadap data yang diteliti. Data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) di Indonesia. Berdasarkan hasil dari data yang diperoleh jumlah ekspor kopi terus meningkat dari tahun 2017-2021. Data diambil secara triwulan. Dimana pada triwulan II pada tahun 2017 terjadi ekspor kopi tertinggi sebesar 82 054,4 ton dan jumlah ekspor terendah pada triwulan I tahun 2021 sebesar 29 059,1 ton. Diharapkan kopi di indonesia terutama di Aceh terus mengalami peningkatan produksi sehingga akan meningkat pula jumlah kopi yang dapat diekspor sehingga dapat menambah pendapatan negara. 

References

Aklamati. (2014). Karakteristik Mutu dan Agribisnis Kopi Robutsa di Lereng Gunung Tambora, Sumbawa. Jember: Pusat Penelitian Kopi dan Kakao: Jember, 2014.

Published
2023-01-31
How to Cite
Rahayu, S., Fadillah, T., & Maharani, S. (2023). Analisis Dampak Perdagangan Internasional dalam Meningkatkan Ekspor Kopi di Aceh Kabupaten Takengon. Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE), 8(1), 1-8. https://doi.org/10.54066/jbe.v8i1.246