Analisa Sistem Informasi Akuntansi Pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT Bank BNI (Persero), Tbk Jakarta

  • Roy Hanafi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hwihanus Hwihanus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: System, Credit Provision, PT Bank BNI (Persero), Tbk Jakarta, People's Business

Abstract

Sistem adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu dengan lainnya yang bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem pemberian kredit merupakan keseluruhan prosedur dan teknik yang diperlukan untuk mengumpulkan data dan mengelola sehingga menjadi informasi yang diperlukan sebagai alat bantu manajemen perusahaan dalam melaksanakan pekerjaannya. Dengan adanya suatu sistem informasi akuntansi pemberian kredit yang baik diharapkan PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Jakarta memperoleh kepercayaan penuh dari para nasabahnya, sehingga PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Jakarta lebih leluasa dalam mendukung pencapaian usaha-usaha para nasabahnya. Prosedur pemberian kredit yang dibuat oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Jakarta relatif mudah. Tujuannya untuk mempermudah para nasabahnya dalam meminjam dana. Berdasarkan uraian tersebut di atas, saya ingin memberikan gambaran mengenai tata cara peminjaman atau pemberian kredit. Oleh karena itu, saya tertarik untuk mengambil judul “Sistem Informasi Akuntansi Pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Jakarta”.

References

Beni, Ramadhani. (2017). Sistem Akuntansi Pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Cabang Utama Bukittinggi. Diploma Thesis: Universitas Andalas.

Rini, Annisa S. (2021). Butuh Modal Usaha? Cek Jenis dan Syarat KUR BNI 2021. Diakses pada 4 Novemver 2022, dari https://www.bisnis.com.

Wardani, Hana P. (2018). Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Jakarta. Diakses pada 4 Novemver 2022, dari https://perbanas.ac.id.

Bank BNI. (2016). BNI Kredit Usaha Rakyat (BNI KUR). Diakses pada 4 Novemver 2022, dari https://kur.ekon.go.id.

Published
2023-01-31
How to Cite
Hanafi, R., & Hwihanus, H. (2023). Analisa Sistem Informasi Akuntansi Pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT Bank BNI (Persero), Tbk Jakarta. Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE), 8(1), 9-23. https://doi.org/10.54066/jbe.v8i1.247