Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Kelirumologi Brebes

  • Ismu Indriantono Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ekonomi Bank BPD Jateng
  • Rinwantin Rinwantin Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ekonomi Bank BPD Jateng
Keywords: UMKM, Promosi, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, Cafe Kelimurologi merupakan salah satu UMKM yang berada di Brebes. Cafe Kelimurologi merupakan usaha mikro yang ssedang naik daun di Kota Brebes. Penjualan pada masa pandemi dengan diberlakukannya PPKM tidak menjadi penghalang tingkat penjualan dari Cafe Kelimurologi, tetapi pasca pandemi malah terjadi penurunan, msekipu tidak signifikan. Mendasar hal tersebut perlu dilakukan penelitian mengenai faktor pengambilan keputusan dilihat dari faktor promosi dan harga. Sampel dalam penelitian ini adalah 166 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, dan Uji Kelayakan Model (Goodness of Fit Model) dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan sig. 0.000 < 0.05, dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan sig. 0.003 < 0.05 dengan nilai Adjusted R2 sebesar 78.9%.

Published
2023-01-31
How to Cite
Indriantono, I., & Rinwantin, R. (2023). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Kelirumologi Brebes. Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE), 8(1), 52-66. https://doi.org/10.54066/jbe.v8i1.248