Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Kelirumologi Brebes
Abstract
UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, Cafe Kelimurologi merupakan salah satu UMKM yang berada di Brebes. Cafe Kelimurologi merupakan usaha mikro yang ssedang naik daun di Kota Brebes. Penjualan pada masa pandemi dengan diberlakukannya PPKM tidak menjadi penghalang tingkat penjualan dari Cafe Kelimurologi, tetapi pasca pandemi malah terjadi penurunan, msekipu tidak signifikan. Mendasar hal tersebut perlu dilakukan penelitian mengenai faktor pengambilan keputusan dilihat dari faktor promosi dan harga. Sampel dalam penelitian ini adalah 166 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, dan Uji Kelayakan Model (Goodness of Fit Model) dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan sig. 0.000 < 0.05, dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan sig. 0.003 < 0.05 dengan nilai Adjusted R2 sebesar 78.9%.
Copyright (c) 2023 Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish in JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.(See The Effect of Open Access)
JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi), is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.