Pengaruh Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Pemoderasi
Abstract
Industri perbankan merupakan sektor ekonomi yang memiliki peran tertentu dalam pertumbuhan ekonomi. Industri perbankan harus memainkan peran promosi dan penyampaian layanan untuk memuaskan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan dengan kualitas pelayanan sebagai variabel pemoderasi. Berdasarkan pengujian hipotesis, hasil uji F menunjukkan bahwa promosi dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji t menunjukkan bahwa promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, namun kualitas pelayanan tidak dapat menjadi variabel moderating antara pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, 2) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, dan 3) kualitas layanan tidak dapat mengurangi pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna. Dampak kesimpulannya, ASB BPRS harus mengedepankan kualitas layanan yang baik dan memberikan sosialisasi yang bermanfaat dan menarik dalam rangka meningkatkan kepuasan pengguna. Studi selanjutnya telah digeneralisasi ke fasilitas dan lokasi yang berbeda dan menambahkan variabel lain di luar studi ini.
Copyright (c) 2023 Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish in JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.(See The Effect of Open Access)
JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi), is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.