Gaya Kepemimpinan Transformasional Memoderasi Pengaruh Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru

(Studi pada SMP Negeri di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati)

  • Siti Rukiyat
  • Y Sutomo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AKA Semarang
Keywords: Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian  dengan judul Gaya Kepemimpinan Transformasional Memoderasi Pengaruh Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru, Studi Pada SMP Negeri Di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati secara umum bertujuan menguji apakah gaya kepemimpinan trasformasional memoderasi pengaruh kompetensi profesional dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Wedarijaksa Kabupaten Pati. Dalam penelitian ini menggunakan populasi guru SMP Negeri Wedarijaksa Kabupaten Pati sebanyak 105 guru dengan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan model moderasi quasi.

Dari olah data dan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa: kompetensi profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, gaya kepemimpinan transformasional memperkuat pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru, dan gaya kepemimpinan transformasional memperkuat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru.

Published
2019-10-31
How to Cite
Rukiyat, S., & Sutomo, Y. (2019). Gaya Kepemimpinan Transformasional Memoderasi Pengaruh Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru: (Studi pada SMP Negeri di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati). Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE), 1(2), 84-97. Retrieved from https://itbsemarang.ac.id/sijies/index.php/jbe33/article/view/30