Pengaruh Social Media Marketing Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian melalui Keterlibatan Konsumen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh social media marketing tiktok terhadap keputusan pembelian online shopee melalui keterlibatan konsumen. Populasi pada penelitian ini adalah semua mahasiswa prodi manajemen angkatan 2023 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNISS Kendal yang berjumlah 250 mahasiswa. Sampel pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling, hanya mahasiswa yang asli dari Kota Kendal yang merupakan pengguna aplikasi Tiktok dan Shopee yang dipilih untuk memenuhi karakteristik dalam penelitian ini. Berdasarkan kriteria yang menjadi sampel adalah 100 mahasiswa. Alat analisis data menggunakan SmartPLS 4.0.9.8. Media sosial marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (koefisien 0,233, P-Value 0,000 < 0,055). Keterlibatan konsumen memediasi hubungan antara media sosial marketing dan keputusan pembelian. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media sosial marketing terhadap keputusan pembelian melalui keterlibatan konsumen. Media sosial marketing terbukti efektif dalam mendorong keputusan pembelian konsumen, dengan keterlibatan konsumen sebagai faktor mediasi.
References
Ariestine, E., Kwee, N., Tumpal, D., & Aruan, H. (2024). The effect of customer engagement on repurchase intention among Indonesia’s digital banks. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 27(1), 183–208.
Christina Ari Pramono Putri, A. K. N. A. N. Y. P. (2024). Pengaruh konten buzzer terhadap keputusan pembelian melalui keterlibatan konsumen. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 67–87.
Darwin Kurnia Rombe, P. Y. R. (2022). PENGARUH KETERLIBATAN KONSUMEN TERHADAP NIAT PEMBELIAN KEMBALI MELALUI DIMENSI EKUITAS KONSUMEN PADA APLIKASI TRAVELOKA. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN BISNIS DAN INOVASI UNIVERSITAS SAM RATULANGI (JMBI UNSRAT), 1035–10522.
Dinda Zieza Iksyanti, A. M. H. (2022). Pengaruh Social Media Marketing melalui Electronic Word Of Mouth pada Platform Tiktok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. YUME : Journal of Management, 5(2), 11–18.
Elalawi, A. F. (2023). The Relationship Between Buzz Marketing on Social Media Platforms and SMEs’ Performance.
Hair et al. (2021). Classroom Companion: Business Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R AAWorkbook. http://www.
Mere, K., Puspitasari, D., Asir, M., Rahayu, B., & Imron Mas’ud, M. (2022). THE ROLE OF INTERACTIVE CONTENT IN BUILDING CONSUMER ENGAGEMENT AND STRENGTHENING BRAND LOYALTY: A REVIEW ON SOCIAL MEDIA PLATFORMS AND CORPORATE WEBSITES PERAN KONTEN INTERAKTIF DALAM MEMBANGUN KETERLIBATAN KONSUMEN DAN MEMPERKUAT KESETIAAN MEREK: TINJAUAN PADA PLATFORM MEDIA SOSIAL DAN SITUS WEB PERUSAHAAN. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 1.
Narottama, N., & Moniaga, N. E. P. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Destinasi Wisata Kuliner di Kota Denpasar. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 741. https://doi.org/10.24843/jumpa.2022.v08.i02.p19
Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 1). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Rachmatya Dewi, A. (2024). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pengambilan Keputusan Berkelanjutan Vaksinasi Covid-19. ANUVA, 8(1), 173–186.
Rifyal Dahlawy Chalil. (2022). Investasi Mata Uang Kripto: Investigasi Peran Keterlibatan Konsumen dan Pengetahuan Konsumen dalam Keputusan Pembelian. Jurnal Investasi Islam, 109–124.
Rimbasari, A., Widjayanti, R. E., & Thahira, A. (2023). PENGARUH VIRAL MARKETING DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PLATFORM TIKTOK. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(2), 457. https://doi.org/10.25273/capital.v6i2.15304
Setianingsih, F. E., & Aziz, F. (2022). Pengaruh Media Sosial Marketing Tiktok Terhadap Minat Beli Online di Shopee. Jurnal Administrasi Bisnis, 11(2), 25–34. https://doi.org/10.14710/jab.v11i2.42602
Sugiarto, I., Simanjuntak, M., & Hasanah, N. (2022). The Role of E-Marketing Mix, Influencer, and Followers Engagement Toward Product Purchasing Decisions. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.17358/jabm.8.3.677
Authors who publish in JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.(See The Effect of Open Access)
JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi), is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.