Pengukuran Keberhasilan Penggunaan e-Ticketing PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan Modified Delone MClean

  • Akhmad Afnan Universitas Teknologi Yogyakarta
Keywords: Delone MClean, Success Model, Use, Satisfaction, UTAUT

Abstract

PT Kereta Api Indonesia (KAI) perlu mengembangkan electronic ticketing (e-ticketing) dan aplikasi berbasis smartphone yaitu KAI-Access, karena meskipun penggunaannya sudah tinggi namun masih terdapat beberapa kekurangan. Penelitian ini menganalisis keberhasilan penggunaan e-ticketing KAI. Objek penelitian yaitu konsumen PT. KAI. Penelitian ini bersifat kuantitatif, menggunakan model penelitian kesuksesan sistem informasi Delone Mclean. Peneliti mengembangkan model Delone Mclean dengan menambah variabel dari model penelitian UTAUT, yaitu variabel habit dan kondisi-kondisi pemfasilitas. Penelitian ini menggunakan data primer dengan memberikan kuesioner kepada 381 penumpang Kereta Api yang telah mengunakan sistem tiket elektronik. Analisis data dilakukan dengan Structural Equation Model (SEM) menggunakan Smartpls 2. Dapat disimpulkan bahwa model yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan untuk memprediksi kepuasan, penggunaan dan net benefit e-ticketing PT KAI meskipun ada beberapa konstruk yang tidak terdukung. Dapat disimpulkan bahwa hal-hal yang memengaruhi kepuasan adalah kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas pelayanan, habit, penggunaan, dan net benefit. Net benefit dengan kepuasan memiliki hubungan timbal balik. Sedangkan yang memengaruhi penggunaan adalah kualitas, informasi, kondisi-kondisi pemfasilitas, habit dan net benefit. Net benefit dengan penggunaan memiliki hubungan timbal balik.

Published
2019-11-11
How to Cite
Afnan, A. (2019). Pengukuran Keberhasilan Penggunaan e-Ticketing PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan Modified Delone MClean. Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE), 3(2), 1-13. Retrieved from https://itbsemarang.ac.id/sijies/index.php/jbe33/article/view/55