Analisis e-Learning Fresto dengan Prinsip Usability

  • Prihati Prihati Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Kristiawan Nurdianto Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Martinus Apun Heses Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis Semarang

Abstract

Analisis sistem sangat penting dilakukan untuk menghasilkan sistem yang mudah, efektif, efisien, minim kesalahan dan tepat guna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis e-Learning Fresto yang banyak digunakan oleh sekolah dalam pembelajaran jarak jauh dengan prinsip usability. Kriteria usability yang digunakan adalah kriteria usability Jacob Nielsen yaitu learnability, efficiency, memorability, errors,dan satisfaction. Analisis usability suatu sistem dengan lima kriteria dari Nielsen dapat digunakan sebagai standar untuk menganalisa sejauh mana kriteria usability telah diterapkan pada sistem sehingga dapat diketahui kelemahan apa saja yang ada dalam sistem dan dengan demikian perbaikan terhadap sistem tersebut dapat dilakukan. Penerapan usability Nielsen dalam analisis e-Learning Fresto menghasilkan kesimpulan bahwa sudah cukup banyak kriteria usability yang diterapkan dalam e-Learning Fresto. e-Learning Fresto sudah menerapkan kriteria learnability, efficiency, dan errors. e-Learning Fresto mudah dipelajari, namun langkah-langkah yang harus dilalui sedikit sulit diingat oleh pengguna. Para pengguna e-Learning Fresto sebagian besar merasa puas. Namun demikian, e-Learning Fresto membutuhkan pengembangan lebih jauh supaya dapat memenuhi semua kebutuhan pengguna.

Published
2021-12-31
How to Cite
Prihati, P., Nurdianto, K., & Heses, M. A. (2021). Analisis e-Learning Fresto dengan Prinsip Usability. Jurnal Cakrawala Informasi, 1(2), 1-14. https://doi.org/10.54066/jci.v1i2.146