Peningkatan Kualitas Business Process untuk Pendaftaran Siswa Baru di MTS Roudlotul Muttaqin Demak

  • Sri Danar Dono Program Studi Sistem Komputer, Universitas Sultan Fatah

Abstract

Business Process Management (BPM) adalah pendekatan yang digunakan untuk mengelola proses bisnis dengan memfasilitasi pemodelan, pelaksanaan serta peningkatan kualitas proses bisnis. Ini merupakan pendekatan yang tepat untuk terus meningkatkan kualitas suatu proses yang efisien dan efektif. Dalam proses pendaftaran siswa baru pada MTS Roudlotul Muttaqin pada mulanya menggunakan sistem offline dengan melalui serangkaian bisnis proses yang panjang. Proses ini tentunya memakan resource yang banyak, baik waktu maupun sumber daya manusia. Pada penelitian ini diusulkan penggunaan sebuah sistem yang  lebih  efisien  dengan menyederhanakan proses bisnis melalui pendekatan Business Process Management (BPM). Melalui   pendekatan BPM, akan dipangkas beberapa proses bisnis yang berulang dan kurang efektif. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah online sistem yang lebih efektif dan efisien dari sisi waktu, biaya dan sumber daya, sehingga hal ini bisa memberikan nilai tambah bagi stake holder, baik itu calon siswa, orang tua maupun sekolah itu sendiri sebagai institusi. Dengan demikian bisa diperoleh nilai tambah yang akan meningkatkan pengalaman pengguna (user experience) dari institusi.

References

[1] W. M. Van Der Aalst, “Business Process Simulation Survival Guide,” in Handbook on Business Process Management, Berlin, Heidelberg: Springer, 2015, pp. 337–370.
[2] V. B. Vukšić, K. Tomicic-Pupek, and M. P. Bach, “Simulation based Business Processes Analysis in Higher Education Institution,” 41st Int. Conv. Inf. Commun. Technol. Electron. Microelectron. (MIPRO), IEEE, pp. 1266–1271, 2018.
[3] M. H. Jansen-Vullers and M. Netjes, “Business Process Simulation - Tool Survey,” Seventh Work. Pract. Use Coloured Petri Nets CPN Tools, vol. 579, pp. 77–96, 2006.
[4] R. Doomun and N. Vunka Jungum, “Business Process Modeling, Simulation and Reengineering,” Bus. Process Manag. J., vol. 14, no. 6, pp. 838–848, 2008.
[5] B. Gawin and B. Marcinkowski, “How Close to Reality is the ‘as-is’ Business Process Simulation Model,” J. Manag. Informatics Hum. Resour., vol. 48, no. 3, pp. 155–175, 2015.
[6] O. Vasilecas, D. Kalibatiene, and D. Lavbič, “Rule and Context based Dynamic Business Process Modelling and Simulation,” J. Syst. Softw., vol. 122, 2016.
[7] A. Safari, “An Effective Practical Approach for Business Process Modeling and Simulation in Service Industries,” Knowl. Process Manag. J., vol. 23, pp. 31–45, 2016.
Published
2021-12-31
How to Cite
Dono, S. D. (2021). Peningkatan Kualitas Business Process untuk Pendaftaran Siswa Baru di MTS Roudlotul Muttaqin Demak. Jurnal Cakrawala Informasi, 1(2), 33-41. https://doi.org/10.54066/jci.v1i2.148