Implementasi Perluasan Jaringan Internet Melalui Kombinasi Jaringan Wireless dan Kabel (Studi Kasus di Dusun Margosari, Kendal)

  • Muhammad Toriq Firmansyah Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Bambang Widjanarko Susilo Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Aji Priyambodo Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Nur Fatoni Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Stanislaus Wahyu Eka Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Anggun Putri Dwi Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis Semarang

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan jaringan komputer saat ini yang semakin pesat, belum diikuti dengan ketersediaan jaringan di wilayah-wilayah pelosok tanah air. Terkendalanya perluasan jaringan internet bisa dikarenakan faktor geografis negara Indonesia yang sangat luas dan terdiri dari kepulauan, hal ini menjadi salah satu faktor yang mempersulit pembangunan fasilitas jaringan ke seluruh pelosok tanah air. Faktor lainnya datang dari masyarakat itu sendiri, yaitu keterbatasan daya beli masyarakat untuk dapat mengakses internet. Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian terkait perluasan jaringan internet dengan mengkombinasikan jaringan wireless dan jaringan dengan media transmisi kabel. Dusun Margosari, Kendal dipilih menjadi objek penelitian dikarenakan berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan bahwa lokasi tersebut jauh dari layanan provider internet dan daya beli masyarakat sekitar untuk bisa mengakses internet juga masih rendah. Diharapkan hasil penelitian yang dilakukan ini bisa membantu Pemerintah setempat dalam memperluas jaringan internet serta membantu masyarakat agar bisa menikmati akses internet dengan biaya yang lebih terjangkau. Dari hasil implementasi, konfigurasi dan pengujian yang dilakukan berjalan dengan baik dan tidak ada kendala koneksi server dengan client.

References

[1] R. E. Indrajit, Konsep Dasar Sistem dan Teknologi Informasi. Jakarta: The Preinexus, 2016.
[2] B. W. Susilo, P. N. Adi, S. Narulita, A. T. Oktaga, and P. Wibowo, “Pembangunan Infrastruktur Jaringan Internet Murah Berbasis Gelombang Radio,” J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 128–142, 2021.
[3] A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi, Revisi. Research Gate, 2014.
[4] E. Noersasongko, P. N. Andono, and T. Sutojo, Pengantar Teknologi Informasi. Semarang: Andi Offset, 2018.
Published
2021-12-31
How to Cite
Firmansyah, M. T., Susilo, B. W., Priyambodo, A., Fatoni, N., Eka, S. W., & Dwi, A. P. (2021). Implementasi Perluasan Jaringan Internet Melalui Kombinasi Jaringan Wireless dan Kabel (Studi Kasus di Dusun Margosari, Kendal). Jurnal Cakrawala Informasi, 1(2), 66-74. https://doi.org/10.54066/jci.v1i2.151