Perancangan e-Commerce untuk Mempermudah Proses Pemasaran Produk Masyarakat Studi Kasus pada Dusun Keji

  • Stanislaus Wahyu Eka Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Mechael Anwar Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Saka Satria Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Priyo Nugroho Adi Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Hesti Ristanto Program Studi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
Keywords: e-Commerce, Internet, Wordpress, Pemasaran, Unified Modelling Language (UML)

Abstract

Saat ini, semua bidang kehidupan tidak terlepas dari adanya teknologi informasi. Sebagai contoh dalam bidang bisnis, pemanfaatan teknologi  informasi  juga  sudah  sangat  banyak, yaitu salah satunya dengan semakin meroketnya model bisnis e-Commerce di tahun 2020 [1]. Aplikasi e-Commerce digunakan untuk mendukung kegiatan pembelian, penjualan, pemasaran produk atau jasa, serta informasi melalui jaringan internet [2]. Banyak aplikasi e-Commerce berskala nasional yang sudah tersedia, antara lain Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, dan lain sebagainya. Mengingat pandemi Covid-19 belum reda sepenuhnya, keberadaan aplikasi e-Commerce sangat membantu perekonomian masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19, termasuk warga masyarakat Dusun Keji. Pandemi Covid-19 ini membawa dampak terhadap hasil penjualan produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat Dusun Keji. Ditambah adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang membuat ruang gerak masyarakat Dusun Keji untuk memasarkan produk-produknya menjadi lebih sempit. Masyarakat Dusun Keji tidak leluasa untuk melakukan proses pemasaran ke daerah lain, sehingga mempengaruhi pendapatan masyarakat. Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut, penulis bertujuan membangun sebuah sistem atau aplikasi e-Commerce berbasis web. Aplikasi e-Commerce yang dibangun akan membantu masyarakat Dusun Keji dalam melakukan proses pemasaran produk maupun proses transaksi, sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat, mengurangi kemiskinan, mengurangi kesenjangan sosial, dan melindungi lingkungan khususnya di Dusun Keji.

References

Susafaati, N. Hidayatun, and H. Murtina, “Pembangunan Web e-Commerce B2B untuk Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Menggunakan Linear Sequential Model,” J. Inform. dan Komput., vol. 22, no. 2, pp. 205–214, 2020.

J. Dalle, A. Akrim, and Baharuddin, Pengantar Teknologi Informasi. Depok: Rajawali Pers, 2020.

R. E. Indrajit, Konsep Dasar Sistem dan Teknologi Informasi. Jakarta: The Preinexus, 2016.

R. D. Lestari, “Perlindungan Hukum bagi Pasien dalam Telemedicine,” J. Cakrawala Inf., vol. 1, no. 2, pp. 51–65, 2021.

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis e-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, pp. 182–189, 2018.

A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi, Revisi. Research Gate, 2014.

P. W. Team, “Mengenal WordPress,” 2015. https://psi.itats.ac.id/.

Fintri Indriyani, Yunita, D. A. Muthia, A. Surniandari, and Sriyadi, Analisa Perancangan Sistem Informasi. Jakarta: Bina Sarana Informatika Jakarta, 2019.

R. A. M. S. Sukamto, Rekayasa Perangkat Lunak Terstuktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2013.

U. Hanifah, R. Alit, and Sugiarto, “Penggunaan Metode Black Box pada Pengujian Sistem Informasi Surat Keluar Masuk,” SCAN, vol. XI, no. 2, pp. 33–40, 2016.

Published
2022-06-30
How to Cite
Eka, S. W., Anwar, M., Satria, S., Adi, P. N., & Ristanto, H. (2022). Perancangan e-Commerce untuk Mempermudah Proses Pemasaran Produk Masyarakat Studi Kasus pada Dusun Keji. Jurnal Cakrawala Informasi, 2(1), 46-58. https://doi.org/10.54066/jci.v2i1.172