Perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) Aplikasi e-Learning Studi Kasus SMK N Jenawi dengan Pendekatan User Centered Design

  • Mira Umiga SMK Negeri Jenawi Kabupaten Karanganyar
Keywords: e-Learning, User Interface, User Experience, User Centered Design

Abstract

Teknologi semakin berkembang setiap harinya, Sumber Daya Manusia (SDM) dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi. Sektor pendidikan juga harus mengikuti perkembangan teknologi, karena pendidikan adalah pondasi utama dalam manajemen ilmu dan pengetahuan. Pembelajaran yang bersifat manual dan terstruktur menjadi tolak ukur perubahan dalam dunia pendidikan. Maka dari itu perlu sebuh gebrakan baru dalam bidang teknologi pendidikan yaitu dengan perancangan e-Learning yang dapat mendorong guru dan siswa dapat belajar dan memehami teknologi dengan berjalan beriringan. Untuk sebuah e-Learning diperlukan User Interface (UI) dan User Experience (UX) agar sebuah tampilan e-Learning menjadi lebih menarik dan menjadi daya tarik tersendiri.

References

J. Nugraha, “Pengertian Kurikulum Merdeka,” 2022. https://www.merdeka.com.
Edu Channel, “Pengertian e-Learning,” 2016. https://educhannel.id.
P. Aprilia, “Pengertian User Interface dan User Experience,” 2020. https://www.niagahoster.co.id.
S. Naidu, e-Learning A Guide of Priciples, Prcedures and Practices. Melbourne: CEMCA, 2006.
Rosenberg. Marc J, Beyond e-Learning - Approaches and Technologies to Enhance Organizational Knowledge, Learning and Performance. USA: Pteiffer, 2006.
Hubspot, “The Beginner’s Guide to Usability Testing [+ Sample Questions],” 2017. https://blog.hubspot.com.
Dicoding Intern, “Apa itu Wireframe? Perbedaan Wireframe, Mockup, dan Prototype,” 2021. https://www.dicoding.com.
Published
2022-12-30
How to Cite
Umiga, M. (2022). Perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) Aplikasi e-Learning Studi Kasus SMK N Jenawi dengan Pendekatan User Centered Design. Jurnal Cakrawala Informasi, 2(2), 56-62. https://doi.org/10.54066/jci.v2i2.242