PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN, PERSEPSI HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang Pelanggan JNE)

  • Ari Dwi Astono Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Haryani STIE DHARMA PUTRA SEMARANG

Abstract

The aim of this research is to analyze the influence of employee service quality, price perception, and location on customer satisfaction (study of students at Muhammadiyah University, Semarang, JNE customers. The data collection method uses a questionnaire, the sampling technique is accidental sampling. A total of 100 respondents are JNE customers in the city of Semarang Based on testing, employee service quality variables have a positive and significant effect on customer satisfaction. Price perception has a positive and significant effect on customer satisfaction.

References

Alma, B. (2010). Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Apriliani, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap kepuasan Pelanggan Pada Water Garden Hotel Candidasa Bali. Jurnal Emas, 3(3), 217–230.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aslam, A. S., Yaqoob, S., & Malik, F. (2012). the Impact of Price Perception, Service Quality, and Brand Image on Customer Loyalty (Study of Hospitality Industry in Pakistan). Institute of Interdisciplinary Business Research, 4(5), 487–506.
Assauri, S. (2003). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.
Assauri, S. (2007). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep, dan Strategi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Balamurugan, S. (2022). Consumer Perception on Global Garments Products - A Case Study on Mayiladuthurai Town, Tamil Nadu. Journal of Integrated Marketing Communications and Digital Marketing, 3(2), 13–18. https://doi.org/10.46610/jimcdm.2022.v03i02.002
Budiadi, N. A. (2009). Analisis Pengaruh Persepsi Harga terhadap Perilaku Pembelian Produk Kebutuhan Sehari-hari. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(3), 13–22.
Budiono, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Lokasi, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan Dimasa Pandemi Covid-19. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 223–247. https://doi.org/10.37729/sjmb.v17i2.6868
Cockrill, A., & Goode, M. M. H. (2010). Perceived price fairness and price decay in the DVD market. Journal of Product and Brand Management, 19(5), 367–374. https://doi.org/10.1108/10610421011068603
Cooper, D., & Emory, C. (1995). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Erlangga.
Fihartini, Y., & Prasetyo, K. (2017). Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Sistem Pelacakan on-Line (Web Trace and Tracking)Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 13(3), 215–226.
Firatmadi, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus PT. Pelita Air Service). Journal of Business Studies, 2(2), 80–105.
Fu’ad, E. N. (2015). Pengaruh Pemilihan Lokasi Terhadap Kesuksesan Usaha Berskala Mikro/Kecil di Komplek Shopping Centre Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 30(1), 56–67.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Herlina, S. F., Maha, N., Siregar, S. N., & Suhairi, S. (2023). Kajian Literatur Kebijakan Produk Global. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(6), 1653–1662. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i6.3279
Hidayat, F. R., & Sunaryo. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pengguna Aplikasi Go-Jek di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 7(1), 1–9.
Iffan, M., & Yulianti, L. (2017). Pengaruh Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jg Motor Yamaha Cab. Asia Afrika Bandung. JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 7(1), 21–32. https://doi.org/10.34010/jurisma.v7i1.469
Irawan, H. (2004). Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Istijanto, O. (2005). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia.
Izzuddin, A., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 72–78.
Juniantara, I. M. A., & Sukawati, T. G. R. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(11), 5955–5982.
Kertajaya, H. (2002). Marketing Plus Siasat Memenangkan Persaingan Global. Jakarta: Erlangga.
Kertajaya, H., & Sula, M. S. (2006). Syariah Marketing. Bandung: PT. Mizan.
Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol). Jakarta: Prenhalindo.
Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran (P. Kotler & Keller, Eds.). Jаkаrtа: Erlаnggа.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Kristianti, T., & Rivai, A. R. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warunk Upnormal Semarang. Telaah Manajemen, 15(2), 128–136.
Kurniawan, H. D. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Jasa JNE Jl. Glagahsari No. 62 Yogyakarta). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(4), 73–82.
Lee, S., Illia, A., & Lawson-Body, A. (2011). Perceived price fairness of dynamic pricing. Industrial Management and Data Systems, Vol. 111, pp. 531–550. https://doi.org/10.1108/02635571111133533
Lovelock. (2007). Pemasaran Jasa di Asia. Jakarta: Prenhallindo.
Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Ma’ruf, H. (2006). Pemasaran Ritel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Maharani, I. G. A. A., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Mina Cabang Dalung. Values, 3(1), 275–285.
Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasaan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi, 7(2), 113–125.
Mefri, H., Yuliana, & Youmil. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Front Office Terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Hotel The Axana Padang. Journal of Home Economics and Tourism, 10(3), 1–16.
Millah, H., & Suryana, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Alfamart Di Desa Karangbong Kecamatan Pajarakan). Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(2), 134–142.
Mohd, Z. A. (1992). Pengurusan Pemasaran. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
Monroe, K. (2003). Pricing, Making Profitable Decision. New York: Mc Graw-Hill.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Muhyidin, M. (2022). Analisis Penentuan Lokasi Usaha Franchise Makanan Cepat Saji Sonic Chicken. JASWAJA, 3(1), 23–31.
Mutiara, S., Hamid, R. S., & Suardi, A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Persepsi Harga dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 411–427. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.300
Neal, C., Quester, P., & Hawkins, D. (2004). Consumer Behavior. New York: Mc. Graw Hill.
Nitisemito, A. S. (2004). Marketing. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Paul, P. J., & Olson, J. C. (2000). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Pertiwi, A. B., Ali, H., & Sumantyo, F. D. S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan pada E- Commerce Shopee. JIM (Jurnal Ilmu Multidisplin), 1(2), 537–553. https://doi.org/10.38035/jim.v1i2.63
Peter, P. J., & Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy. New York: McGraw Hill.
Pio, J., Mamuaya, N. C., & Angmalisang, S. (2022). Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Kopi Janji Jiwa Jilid 667 Tomohon. JIMEA Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 2019–2030. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2686
Prammukti, K. B., & Tamulantak, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kopi Janji Jiwa Harapan Indah. Human Capital Development, 10(2), 1–14.
Priwastyani, T., Fitriadi, B. W., & Pauzy, D. M. (2022). Pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Bakso Baturetno. Insight Management Journal, 3(1), 11–21.
Putra, R. P., & Handini, S. (2020). Pengaruh Privacy & Security, Design, Customer Service, & Support Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Uang Elektronik OVO Di Surabaya. Soetomo Business Review, 3(4), 639–659. Retrieved from https://gizmologi.id/
Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rustiana, & Kurniawan, E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Martabak Alim. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, 5(3), 25–43.
Safavi, V. D. R., & Hawignyo. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen kartu prabayar. Jurnal Manajemen, 13(1), 142–150.
Saipuloh, Y., & Surono. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Hotel The Westin Jakarta. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9), 4441–4455.
Saladin, D. (2001). Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung: Lindakarya.
Saputro, W. E., Sukimin, & Indriastuty, N. (2020). Analisis Daya Tarik Wisata, Persepsi Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan). Jurnal GeoEkonomi, 11(1), 56–73. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v11i1.108
Saragih, H., & Ramdhany, R. (2012). Pengaruh Intensi Pelanggan Dalam Berbelanja Online Kembali Melalui Media Teknologi Informasi Forum Jual Beli (FJB) Kaskus. Jurnal Sistem Informasi, 8(2), 100–112. https://doi.org/10.21609/jsi.v8i2.331
Saryono. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Nuha Medika.
Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Setiawan, A., Djuhartono, T., & Sodik, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Gerai Indomaret Kertamukti. Jurnal ARASTIRMA Universitas Pamulang, 2(1), 116–121. https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i1.16853
Shukla, A., & Singh, V. (2023). To study the effect of emotional TV advertisement on buying preference of consumers. International Journal of Research in Marketing Management and Sales, 5(1), 44–47. https://doi.org/https://doi.org/10.33545/26633329.2023.v5.i1a.120
Simamora, B. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.
Solomon, M. R. (2007). Consumer Behavior. New York: Pearson.
Sugiarto, E. (2002). Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukirno, S., Husin, W. S., Indrianto, D., Sianturi, C., & Saefullah, K. (2012). Pengantar Bisnis. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sumarwan, U. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Surianto, K. N., & Istriani, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Grab-Cardi Yogyakarta. Prosiding SENDI_U 2019, 345–358.
Sutanto, T. W. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Terhadap Kesuksesan Usaha Dagang di Kota Surabaya. Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER), 3(1), 1–14.
Swasta, B., & Handoko, H. T. (2000). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE UII.
Swastha, B. (2010). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.
Tanjung, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, 5(3), 1–18. https://doi.org/10.1063/1.3066556
Tjiptono, F. (2004). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.
Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2008a). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2008b). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Tjiptono, F. (2008c). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2007). Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Utami, C. W. (2008). Manajemen Barang Dagangan dalam Bisnis Riteil. Malang: Publishing Bayumedia.
Zabiola, P. O. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, dan Nilai yang Dirasakan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 12(8), 1–15.
Published
2024-12-21
How to Cite
Astono, A. D., & Haryani. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN, PERSEPSI HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang Pelanggan JNE) . Jurnal Cakrawala Informasi, 4(2), 33-45. Retrieved from https://itbsemarang.ac.id/sijies/index.php/jci/article/view/504