Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja, dan Kompensasi terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan Dan Olahraga Kabupaten Semarang

  • Suwarto Suwarto Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Amin Kuncoro Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Endro Pramono Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
Keywords: Motivasi, Disiplin Kerja, Kompensasi, Tunjangan Kinerja

Abstract

Studi ini mengkaji permasalahan tentang kinerja aparatur negara yang belum optimal dan hubungannya terhadap budaya organisasi pegawai negeri sipil dengan menggunakan tiga variabel bebas yaitu kepemimpinan, disiplin kerja, dan motivasi dikaitkan dengan peningkatan kinerja. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Semarang, 2) Untuk menganalisis pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Semarang, 3) Untuk menganalisis pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Semarang, 4) Untuk menganalisis pengaruh motivasi, disiplin kerja, dan kompensasi terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Semarang secara simultan. Penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner yang telah disebar dengan objek penelitian karyawan Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Semarang sebanyak 100 kuesioner (100 data). Teknik analisis yang peneliti gunakan adalah multivariate (termasuk yang menggunakan analisis regresi multivariate). Hasil penelitian menunjukan bahwa ketiga variabel bebas (independen) yaitu motivasi, disiplin kerja, dan kompensasi berpengaruh terhadap variabel terikat (dependen) kinerja pegawai secara parsial dan simultan.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Alex S. Nitisemito. 1991. Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia). Jakarta: Gramedia.
Anwar Prabu Mangkunegara. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Anwar Prabu Mangkunegara. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Anwar Prabu Mangkunegara. 2007. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Arep Ishak & Tanjung Hendri. 2003. Manajemen Motivasi. Jakarta: Widiasarana Indonesia.
Arikunto, Syharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. 2009. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Commings. 2004. Special Treat among C & L's Large Output for Impossible Crime Fans is the Collection of Joseph Short Stories. England: Banner.
Dessler, Gary. 2010. Manajemen Personalia, Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.
Ferdinand, A. T. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BPFE Undip.
Hasibuan. P. S. Malayu. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Indra Putra, dkk. 2012. Disiplin Kerja, Motivasi, Budaya Kerja terhadap Kinerja. Jurnal Ekonomi. Riau: Universitas Pekanbaru.
Made, I, Yusa Dharmawan. 2011. Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap Disiplin dan Kinerja Pegawai Hotel Nikki Denpasar. Jurnal Tesis dipublikasi.
Mas’ud, Fuad. 2004. Survei Diagnosis Organisasional Konsep dan Aplikasi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Milkovich, George T. and Boudreau, John W. 2008. Human Resource Management. Boston: Irwin Homewood.
Moekijat. 2010. Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar Maju.
Muhaimin. 2004. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nitisemito, Alex S. 2002. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nitisemito, Alex S. 2006. Manajemen Personalia, Cetakan Kesembilan, Edisi Keempat. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Notoadmodjo, S. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Rivai, Veithzal. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktek, Cetakan Pertama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rivai, Veithzal Sagala, Jauvani, E. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan (2 Ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Robbins S. P. 2006. Perilaku Organsasi, Edisi Kesepuluh. Klaten: Intan Sejati.
Sastrohadiwiryo & Bejo Siswanto. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Bandung: Bumi Aksara.
Sastrohadiwiryo, Bejo Siswanto. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Sastrohadiwiryo, Siswanto. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Simanjuntak, Payaman, J. 2001. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Soedjono. 2008. Pengukuran Kinerja Karyawan Budaya Produktif. Jakarta: Rajawali Grafindo.
Soeprihantono. 2008. Kinerja Karyawan. Jakarta: Rineka Cipta.
Studies Involving Indonesian International Work Groups (Brandt, 1997; Tjitra, 2001; Panggabean, 2001; and Panggabean, 2002) Reveal that Conflicts and Frictions.
Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito Bandung.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Supardi dan Anwar, S. 2004. Dasar-Dasar Perilaku Organisasi. Yogyakart: UII Press.
Tangkilisan & Hersel Nogi S. 2002. Kebijakan Manajemen Publik yang Membumi. Yogyakarta: YPAPI dan Lukman Offset.
Toha, M. 2010. Pengaruh Disiplin dan Kompensasi terhadap Kinerja Pegawai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Sriwijaya. Jurnal Ekonomi dipublikasi.
Triyaningsih, S. L. 2012. Pengaruh Motivasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Penghulu. Jurnal Ekonomi dipublikasi. Solo: Universitas Slamet Riyadi.
Wibowo, Wahyu. 2007. Cara Cerdas Menulis Artikel Ilmiah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Published
2020-05-28
How to Cite
Suwarto, S., Kuncoro, A., & Pramono, E. (2020). Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja, dan Kompensasi terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan Dan Olahraga Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains, 1(1), 17-27. Retrieved from https://itbsemarang.ac.id/sijies/index.php/jiesa/article/view/194