Penentuan Harga Layanan Akses Internet dengan Metode Cost Plus Pricing Menggunakan Pendekatan Full Costing pada Warnet dan Game Online Wijaya Net
Abstract
Penelitian ini menganalisis penghitungan harga layanan akses internet dengan menggunakan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing pada warnet Wijaya Net. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui penentuan harga layanan akses internet antara metode perusahaan dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing dan 2) mengetahui harga layanan akses internet antara metode perusahaan dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing. Penelitian ini adalah sebuah studi kasus, yaitu penelitian tentang objek tertentu kemudian mengambil kesimpulan berdasar analisis data yang terdapat pada objek yang diteliti. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan, menginterpretasikan, dan menganalisis data dengan melakukan perbandingan antara teori-teori dengan data objektif yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat beberapa perbedaan dalam penentuan harga akses internet dengan metode yang diterapkan Wijaya Net dengan penentuan harga akses internet dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing, 2) terdapat sedikit perbedaan (selisih) antara antara harga layanan akses internet menurut metode perusahaan dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing. Selisih tersebut sebesar Rp. 216 karena Wijaya Net mempergunakan harga akses layanan yang didapatkan dari hasil survei kepada pesaing yaitu sebesar Rp. 1.500 sementara penghitungan dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing menghasilkan harga akses internet sebesar Rp. 1.716. Sehingga seharusnya warnet Wijaya mempergunakan memakai perhitungan yang dibuat dengan teori cost plus pricing dengan pendekatan full costing karena terbukti lebih menguntungkan daripada harga yang dihitung dengan metode perusahaan.
References
Carter William dan Usry Milton. 2009. Akuntansi Biaya, Diterjemahkan oleh Krista, Edisi 14. Jakarta: Salemba Empat.
Dunia, Firdaus Ahmad dan Wasilah Abdullah. 2011. Akuntansi Biaya.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran: Terjemahan. Jakarta: Erlangga.
________, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen (Edisi III). Jakarta: Salemba Empat.
______. 2012. Akuntansi Biaya (Edisi V). Yogyakarta: STIE YKPN.
Mursyidi. 2010. Akuntansi Biaya, Conventional Costing, Just in Time dan Activity Based Costing, Cetakan Kedua. Bandung: PT Refika Aditama.
Prihadi, Susetyo Dwi. 2009. Game Online Jadi ‘Nyawa’ Warnet. Diakses tanggal 20 Juli 2018 dari http://techno.okezone.com.