Pengaruh Display Produk, Potongan Harga, dan Bonus Pack terhadap Pembelian Impulsif di Indomaret Miroto Semarang

  • Yuli Rusmiyati Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Endro Pramono Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Ninik Dwi Atmini Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
Keywords: Display Produk, Potongan Harga, Bonus Pack, Pembelian Impulsif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini: 1) mengetahui pengaruh display produk yang ada di Indomaret terhadap pembelian impulsif, 2) mengetahui pengaruh potongan harga yang ada di Indomaret terhadap pembelian impulsif, 3) mengetahui pengaruh bonus pack yang ada di Indomaret terhadap pembelian impulsif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Indomaret Miroto. Penelitian ini dilakukan secara sampling, dengan teknik incidental sampling, diperoleh sampel sebanyak 75 data. Teknik analisa yang digunakan regresi linear berganda metode least square. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) display produk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pembelian impulsif, 2) potongan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulp pembelian impulsif, 3) bonus pack berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif.

References

Amsani, Putri Deacitra, Sudharto P. Hadi. 2017. Pengaruh Discount dan Store Atmosphere terhadap Perilaku Impulse Buying. Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 6 Nomor 1, Maret 2017.
Arnanda, Andre, T Teviana. 2019. Pengaruh Display Produk dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif di Indomaret di Jl. Setia Budi No. 20 Medan. Jurnal Plans Penelitian Ilmi Manajemen & Bisnis, Volume 14 No. 1, Mei 2019.
Kristiawan, Allen, Ika Gunawan, Vinsensius. 2018. Pengaruh Potongan Harga, Bonus Kemasan, Tampilan dalam Toko terhadap Keputusan Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, Vol. 6, Nomor 1, Oktober 2018.
Kusuma, Adriani, M. Noer Sudrajat, Ferdy Rachmad Kurniawan. 2018. Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying (Studi Kasus pada Indomaret Unit Dirgahyu). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 3 No. 2, November 2018.
Manik, Eka Febri Triyanti. 2018. Pengaruh Produk Display terhadap Minat Beli Studi pada Transmart Plaza Medan Fair.
Pontoh, Marcella Engeline, Silcyljeova Moniharapon, Ferdy Roring. 2017. Pengaruh Display Produk dan Store Atmosphere terhadap Impuse Buying pada Konsumen Matahari Departemen Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA, Vol. 5 No. 2, Juni 2017, Hal. 1823-1833.
Rahmadana, Nur Maya Sari. 2016. Pengaruh Display Produk dan Suasana Toko terhadap Pembelian Impulsif di Minimarket Eramart Cabang Lembuswana Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Volume 4, Nomor 3, 2016: 683-697.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Cetakan 22. Bandung: Alfabeta.
Wahyudi, Septian. 2017. Pengaruh Price Discount terhadap Impulse Buying, Jurnal Valuta Vol. 3 No 2, Oktober 2017.
Widianingrum, Nia. 2017. Pengaruh Shopping Lifestyle, Merchandising, Price Reduction, dan Store Atsmosphere terhadap Impulse Buying Behavior (Studi Kasus pada Pelanggan Swalayan Luwes Delanggu.
Wilujeng, Sri. 2017. Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying Konsumen Indomaret di Kecamatan Sukun Kota Malang. Sumber Website: https://akurat.co/ekonomi/id-170801-read--ternyata-orang-lebih-sukabelanja-di-minimarket-ini-hasil-surveinya, diunduh pada tanggal 10 Nopember 2018.
Published
2020-11-30
How to Cite
Rusmiyati, Y., Pramono, E., & Atmini, N. D. (2020). Pengaruh Display Produk, Potongan Harga, dan Bonus Pack terhadap Pembelian Impulsif di Indomaret Miroto Semarang. Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains, 1(2), 47-60. Retrieved from https://itbsemarang.ac.id/sijies/index.php/jiesa/article/view/201