Pengaruh Motivasi, Gender, dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari motivasi, gender, dan lama pendidikan terhadap minat mahasiswa mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) bagi mahasiswa prodi akuntansi pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Semarang. Sampel yang diperoleh sejumlah 65 responden pada mahasiswa secara random sampling dengan menyebarkan kuisioner melalui Google Form. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda, uji kualitas data, dan uji asumsi klasik, serta uji hipotesis (t) dilakukan dengan uji koefisien determinasi (R2) menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 19. Hasil penelitian bahwa motivasi dan lama pendidikan berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa mengikuti PPAk, sedangkan gender tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa mengikuti PPAk. Hasil koefisien determinasi ditemukan hasil bahwa variabel yang independen yang diteliti memiliki pengaruh terhadap variabel dependen sebesar 36,3%.