Profitabilitas dan Debt to Equity Ratio: Analisis Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran pengaruh variabel Debt to Equity Ratio (DER) dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan yang tersedia pada website IDX. Populasi yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 hingga 2021. Kriteria yang digunakan untuk pengambilan sampel penelitian adalah perusahaan manufaktur yang menghasilkan laba tahun 2017 hingga 2021 dan mengumumkan dividen sepanjang waktu tersebut. Data sekunder diolah menggunakan SPSS. Analisis penelitian menggunakan analisis regresi. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan Debt to Equity Ratio (DER) adalah dua variabel independen yang berpengaruh pada variabel dependen, yaitu nilai perusahaan. Hasil penelitian juga menunjukkan bagaimana profitabilitas dan debt to equity ratio, variabel independen, bersama-sama mempengaruhi nilai perusahaan.
References
Afiezan, H. A., Robert, R., Yansen, V. V., Manday, P. P., Chandra, D., & Anggraini, N. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Leverage (DER) terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Sektor Dagang Besar yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2018. Warta Dharmawangsa, 14(2).
Agus, R. Sartono. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi. Keempat. Yogyakarta: BPFE.
Amro, P.Z.N. 2020. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya.
Ardiana, Putu Agus. (2012). “Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Tobin’s Q Brokerage House di Indonesia”. Jurnal Akuntansi & Bisnis, Vol. 7, No. 2, hal. 163-177.
Arifianto, M., & Chabachib, M. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ-45 Periode 2011-2014). Diponegoro Journal of Management, 415-426.
Asmanto, M.R. dan Andayani. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Growth Opportunity, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi 9(3): 1-25.
Bordeleau, Etienne dan Christopher Graham, (2010), “The Impact of Liquidity on Bank Profitability”. Working Paper.
Chandra, A., Kamaliah, K., & Agusti, R. (2016). Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan Real Estate & Property yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2013). Jurnal Ekonomi, 24(3), 1.
Chen, Li-Ju and Shun-Yu Chen. (2011). The Influence of Profitability on Firm Value with Capital Structure as The Mediator and Firm Size and Industry as Moderators. Investment Management and Financial Innovations, 8(3), pp: 121-129.
Davyn, T. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI Periode 2017-2019/Timothius Davyn/30160318/Pembimbing: Yustina Triyani.
Dramawan, I Dewa Ketut Alit. (2015). “Pengaruh Risiko Keuangan dan Pertumbuhan Penjualan pada Profitabilitas dan Nilai Perusahaan Property”. Jurnal Buletin Studi Ekonomi, Vol. 20 No. 2, Agustus 2015. Hal 158-167.
Fahmi, I. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Fahmi, Irham. 2018. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Juliandi A, Irfan, Manurung S. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gujarati, Damodar N. 2004. Basic Econometrics, Fourth Edition. Singapore: McGraw-Hill Inc.
Harahap Sofyan, S. 2015. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Hermuningsih, Sri. (2013). Profitability, Growth Opportunity, Capital Structure and the Firm Value. Bulletin of Monetary, Economics and Banking, pp: 116- 136.
Lestari, Ayu Siti and Mursalim Armayah. (2016). Profitability and Company Value: Empirical Study of Manufacture Companies in Indonesia Period 2009-2014. Information Management and Business Review, 8(3): pp: 6-10.
Pramana, I G N Agung Dwi dan I Ketut Mustanda. (2016). Pengaruh Profitabilitas dan Size terhadap Nilai Perusahaan dengan CSR sebagai Variabel Pemoderasi. e-Jurnal Manajemen Unud, 5(1): h: 561-594.
Prasetyorini, B. F. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, PER Ratio, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Imu Manajemen Universitas Negeri Surabaya, 1.
Pratama, I. G. B. A., & Wiksuana, I. G. B. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Mediasi. e-Jurnal Manajemen Unud, 5(2), 1338-1367.
Purnama, Sari Pt Indah dan Nyoman Abundanti. (2014). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Leverage terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan. Journal Management of Finance, h: 1427-1441.
Rasyid A., Mahfudnurnajamuddin, Masdar Mas’sud, Muhammad Su’un. (2015). Effect of Ownership Structure, Company Size, and Profitability on Dividend Policy and Manufacturing Company’s Value in Indonesia Stock Exchange. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 9(20): pp: 618-624.
Sudiyatno, B., Ellen, P. dan Andi, K. (2012), “The Company’s Policy, Firm Performance and Firm Value: an Empirical Research on Indonesian Stock Exchange”. American International Journal of Contemporary Research.
Thaib, I., & Dewantoro, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Transportasi Laut di Bursa Efek Indonesia). 1(1).
Wardani, Dewi Kusuma dan Sri Hermuningsih. (2011). Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan dan Kebijakan Hutang sebagai Variabel Intervening. Jurnal Siasat Bisnis, 15(1), h: 27-36.
Wijaya, Bayu Irfandi dan I. B. Panji Sedana. (2015). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividen dan Kesempatan Investasi sebagai Variabel Mediasi). e-Jurnal Manajemen Unud, 4(12), h: 4477- 4500.
Wahyuningsih, P., & Widowati. (2016). Analisis RoA dan RoA terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Responsibility sebagai Variabel Moderating (Studi pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2013). 8(3).
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.