PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO ARUL BERKAH DI KABUPATEN SEMARANG

  • Rofingatul ala Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Yoto Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Heru Yulianto Institut Teknologi dan Bisnis Semarang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan yang terdiri dari variabel tangible, reliability, responsivibess, assurance, dan emphaty secara parsial untuk mengetahui pengaruh terhadap Kepuasan Konsumen pada Toko Arul Berkah di Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling dengan menggunakan jumlah sampel sebanyak 100 konsumen Toko Arul Berkah di Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis koefisien determinasi diperoleh hasil Adjusted R Square sebesar 0,636 yang artinya bahwa hal-hal yang mempengaruhi kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh model sebesar 63,6 %, sedangkan 36,4% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian.

Published
2023-11-18
How to Cite
Rofingatul ala, Yoto, & Heru Yulianto. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO ARUL BERKAH DI KABUPATEN SEMARANG. Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains, 2(1), 43-58. https://doi.org/10.54066/jiesa.v2i1.315