PENGARUH HARGA, PENDAPATAN, PENILAIAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE

PENGARUH HARGA, PENDAPATAN, PENILAIAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE

  • Anggun Dwi Antika Institut Teknologi dan Bisnis Semarang

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan hasil analisis pengaruh dari harga, pendapatan, dan penilaian produk terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee (studi pada penduduk desa Kebolampang kecamatan Winong kabupaten Pati). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer sebagai sumber data informasi penelitian. Peneliti menggunakan 100 responden untuk menjadi sampel penelitian berdasarkan Rumus Rao Purba, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling berupa accidental sampling dengan menyebar kuesioner yang dilakukan secara online pada penduduk Desa Kebolampang. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu analisis regresi linier berganda. Alat analisis atau alat statistik yang digunakan untuk mempermudah proses olah data yaitu aplikasi SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, penilaian produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga, pendapatan, penilaian produk secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

Published
2023-11-17
How to Cite
Anggun Dwi Antika. (2023). PENGARUH HARGA, PENDAPATAN, PENILAIAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE : PENGARUH HARGA, PENDAPATAN, PENILAIAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE . Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains, 2(2), 34-44. https://doi.org/10.54066/jiesa.v2i2.321