PENGARUH DISIPLIN DAN PRESTASI KERJA TERHADAP PEMBERIAN PROMOSI JABATAN PADA POLITEKNIK PEMBANGUNAN PERTANIAN MEDAN

  • Tengku Syabaruddin Universitas Tjut Nyak Dhien Medan
  • Ahmad Yudhira Universitas Tjut Nyak Dhien Medan
  • Khamo Waruwu Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin dan prestasi terhadap promosi jabatan pegawai Politeknik Pembangunan Pertanian Medan, Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif, dimana penelitian ini mencari tahu hubungan antar variabel yang saling terakit. Penelitian ini berlokasi di Polbangtan Medan yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Penelitian ini berlangsung dari bulan Juni 2022 sampai selesai. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai Politeknik Pembangunan Pertanian yang berjumlah 81 orang, sampel penelitian adalah seluruh pegawai Politeknik Pembangunan Pertanian Medan yang berjumlah 81 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah dalam penelitian ini secara Simultan Disiplin dan Prestasi berpengaruh terhadap Promosi jabatan Pegawai Politeknik Pembangunan Pertanian Medan. Dalam penelitian ini, Disiplin Bepengaruh Positif dan Signifikan Terhadap Promosi jabatan Pegawai Politeknik Pembangunan Pertanian Medan. Dalam penelitian ini prestasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap promosi jabatan pegawai Politeknik Pembangunan Pertanian Medan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hal yang paling dengan prestasi yang baik maka pegawai akan lebih cepat mendapatkan promosi jabatan.

 

References

Amalia, Purwaningsih dan Betty, Magdalena. 2017. Pengaruh Senioritas dan Prestasi Kerja Terhadap Promosi Jabatan Pada Karyawan, Vol. 3 No 1.

Arianty, Nel. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Medan: PT. Perdana Publishing Cetakan Pertama.

Edy, Sutrisno. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: Kencana

Ernyta Silalahi, 2015. Pengaruh Prestasi Kerja Pegawai Terhadap Promosi Jabatan Pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Vol.1, No.1.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, S. F., & Tirtayasa, S. (2020). Pengaruh Motivasi , Disiplin dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT . Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Kualanamu. Maneggio : Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 120–135.

Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Irham, Fahmi. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta.

Judas, Agnetha. 2019. Mutasi Dan Promosi Jabatan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Suluttenggo Dan Maluku Utara di Manado. Jurnal EMBA, Volume 1, Nomor 4 l. Hal 1219-1228

Kadarisman, M. 2014. Manajemen Kompensasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2018. Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung: PT . Remaja

Rosdakarya.

Muchdarsyah Sinungan. 2011. Dasar-Dasar dan Teknik Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Oktavianti dan Netra. 2021. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Promosi Jabatan Dan Kompetensi Finansial Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Grand Mega Bali Resort & Spa Kuta Bali.

Jurnal Ekonomi Bisnis, Volume 2, Nomor 2. Hal 2515-2529.

Putra dan Subudi. 2020. Pengaruh Disiplin Kerja, Gaya Kepemimpinan, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Matahari Terbit Bali Tanjungbenoa-Nusa Dua.

Jurnal Ekonomi, Volume 21, Nomor 2. Hal 802-815.

Sedarmayanti. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Siagian. Sondang P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sidanti, Heny. 2020. Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat DPRD Kabupaten Madiun. Jurnal Jibeka,

Volume 9, Nomor 8. Hal 44-53.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sandra Wijyanti Sungkono dan Iga Manuat Dewi, ,2017. Pengaruh Prestasi Kerja,Loyalitas Kerja Terhadap Promosi Jabatan di PT. Bali Pawiwahan Coco Group, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.6,No.4.

Wibowo, 2014. Manajemen Kinerja, Edisi keempat. Jakarta: Rajawali Pers.

Published
2023-11-25
How to Cite
Tengku Syabaruddin, Ahmad Yudhira, & Khamo Waruwu. (2023). PENGARUH DISIPLIN DAN PRESTASI KERJA TERHADAP PEMBERIAN PROMOSI JABATAN PADA POLITEKNIK PEMBANGUNAN PERTANIAN MEDAN. Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains, 4(2), 23-32. https://doi.org/10.54066/jiesa.v4i2.326