Penciptaan Loyalitas Pelanggan
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah menurunnya jumlah pelanggan bengkel Mobil Ufik Semarang periode tahun 2015-2017. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji secara empiris peningkatan loyalitas pelanggan dengan didukung peningkatan kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan pelanggan. Sampel penelitian adalah pelanggan tetap yang sudah lebih dari dua kali menggunakan jasa Bengkel Mobil Ufik Semarang dan minimal berusia 17 tahun. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan pada perhitungan dari rumus Slovin dengan tingkat kesalahan yang ditoleransi sebesar 5%, sebanyak 96 orang responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SPPS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil koefisien determinasi (Adjusted R Square) 60,9% yang menunjukkan bahwa loyalitas pelanggan dapat diperjelas oleh variabel kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya 39,1% diperjelas oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Authors who publish in JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.(See The Effect of Open Access)
JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi), is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.