Penciptaan Loyalitas Pelanggan

  • Nila Anggreani Universitas Semarang
  • Sri Yuni Widowati Universitas Semarang
  • Aprih Santoso Universitas Semarang
Keywords: Service Quality, Price, Satisfaction, Loyalty

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah menurunnya jumlah pelanggan bengkel Mobil Ufik Semarang periode tahun 2015-2017. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji secara empiris peningkatan loyalitas pelanggan dengan didukung peningkatan kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan pelanggan. Sampel penelitian adalah pelanggan tetap yang sudah lebih dari dua kali menggunakan jasa Bengkel Mobil Ufik Semarang dan minimal berusia 17 tahun. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan pada perhitungan dari rumus Slovin dengan tingkat kesalahan yang ditoleransi sebesar 5%, sebanyak 96 orang responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SPPS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil koefisien determinasi (Adjusted R Square) 60,9% yang menunjukkan bahwa loyalitas pelanggan dapat diperjelas oleh variabel kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya 39,1% diperjelas oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Published
2019-11-13
How to Cite
Anggreani, N., Widowati, S. Y., & Santoso, A. (2019). Penciptaan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE), 4(1), 1-12. Retrieved from https://itbsemarang.ac.id/sijies/index.php/jbe33/article/view/62